Pulau Sebaru Ditetapkan untuk Observasi 188 WNI Kru Kapal World Dream

Kapal pesiar MS Westerdam.

Beritabalionline.com – Pemerintah Tetapkan Pulau Sebaru 1, Kepulauan Seribu untuk Observasi 188 WNI Kru Kapal Pesiar World Dream. Rencananya mereka akan dievakuasi menggunakan kapal.

“Kita putuskan untuk mengevakuasi anak buah kapal dari World Dream, Kapal Suharso sudah ke laut. Nanti kemudian dipindahkan, tetapi Kapal Suharso akan diobservasi sesuai dengan prosedur yang ditetapkan TNI AU,” kata Muhadjir Effendy.

Hal itu disampaikan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan itu usai bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (24/2/2020).

Rencananya, kata Muhadjir, mereka akan dipindahkan dan dilakukan observasi di Pulau Sebaru 1. Muhadjir menjelaskan pemerintah memilih pulau tersebut lantaran kawasan tersebut tidak berpenghuni.

“Lokasi sudah diterapkan dan disiapkan, yaitu di kepulauan. Ada pulau yang tidak berpenghuni, di Sebaru 1,” ungkap Muhadjir.

Sebelumnya, Kapal World Dream dimasukkan ke dalam proses karantina pada Rabu (5/2), setelah terungkap tiga penumpang yang berlayar pada pelayaran sebelumnya ditemukan terjangkit virus corona.

Proses pemeriksaan pun sudah dilakukan. Menurut Kepala Petugas Kesehatan Pelabuhan Leng Yiu-Hong, seluruh penumpang dan kru kapal dites dan dinyatakan negatif terhadap virus corona. Alhasil, seluruh penumpang pun diizinkan untuk turun di Hong Kong. (itn)

BACA JUGA:  Menkominfo Ingatkan Adanya Ribuan Konten Hoaks Pandemi Covid-19 Beredar di Medsos