Suguhkan Arak Rasa Lemon di Festival Kuliner PDIP Karangasem

Festival kuliner yang diadakan DPC PDIP Karangasem menampilkan minuman arak rasa lemon. (foto: ist)

Beritabalionline.com – Festival kuliner yang diadakan PDIP serentak di semua DPC PDIP seluruh Bali, Minggu (23/2/2020) masing-masing mengangkat potensi lokal. DPC PDIP Karangasem misalnya, menyajikan stand minuman arak rasa lemon. Arak merupakan produksi khas Karangasem dan saat ini peredarannya sudah diatur melalui peraturan gubernur.

Festival kuliner yang diadakan di Lapangan Candra Bhuana Karangasem menampilkan 15 stand, perwakilan dari masing-masing kecamatan. Mereka ini juga dilombakan baik sisi kebersihan, penyajian dan rasa. Pihak panitia menggandeng Asosiasi Chef Indonesia (ICA) sebagai juri atau tim penilai. Setiap peserta diberikan waktu selama 3 jam untuk bisa menyajikan sembilan menu masakan.

“Yang diutamakan adalah kuliner tradisional. Karena kami ingin menggali resep-resep yang belum kelihatan, Karangasem memiliki banyak resep yang belum terekspos. Seperti  lawar nyawan, liklik kelor dan sebagainya,” kata ketua tim juri Wayan Eka Saputra.

Ia melihat Kabupaten Karangasem memiliki potensi kuliner luar biasa. Potensi ini menjadi salah satu kekayaan budaya bangsa yang bisa dijual untuk industri pariwisata. “Kuliner ini bisa jadi jati diri bangsa,” ujar pria yang kesehariannya bekerja sebagai chef di salah satu hotel. Festival selain menyajikan racikan minuman arak juga ada wine terbuat dari salah yang juga menjadi ikon Kabupaten Karangasem. (riz)

BACA JUGA:  Aktivitas Penerbangan di Bandara Ngurah Rai Meningkat