Peringati Hari Peduli Sampah Nasional, Ditpolair Polda Bali Tanam Bibit Mangrove

Penanaman bibit mangrove di Serangan, Denpasar Selatan. (foto : ist)

Beritabalionline.com – Personel Dit Polairud Polda Bali bersama prajurit TNI-AD, TNI AL, Bea Cukai, Pelindo, SAR, Kantor Karantina Denpasar, dan kelompok nelayan melakukan penanaman bibit mangrove di Kelurahan Serangan, Denpasar Selatan.

“Kegiatan ini digelar serentak di pesisir pantai wilayah Bali,” terang Direktur Dit Polair Polda Bali Kombes Pol. Hadi Purnomo, Jumat (21/2/2020) di Denpasar.

Selain penanaman bibit mangrove, acara yang digelar dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional juga dirangkai dengan bersih-bersih pantai dari sampah khususnya sampah plastik.

Kombes Hadi Purnomo mengatakan, penanaman bibit mangrove ini bertujuan untuk mensukseskan program Polri Peduli Penghijauan Pantai dan Penguatan Ekonomi Masyarakat Pesisir.

Mantan Kapolresta Denpasar ini menambahkan, kegiatan ini berfungsi sebagai salah satu ekosistem esensial di dunia yang mendukung sektor perikanan, mengurangi erosi pantai, mencegah banjir.

Serta menjaga kualitas air pesisir, konservasi keanekaragaman hayati, penyimpanan karbon dan menyediakan bahan-bahan alami penting dan menjadi sumber mata pencaharian.

“Diharapkan dengan penanaman pohon mangrove ini dapat meningkatkan kesadaran dan keterlibatan masyarakat dalam pengelolaannya sehingga masyarakat merasa memiliki dan dapat mengambil manfaat ekonomi, lingkungan dan sosial,” kata Kombes Hadi Purnomo. (agw)

BACA JUGA:  Update Covid-19 di Denpasar, Pasien Sembuh 12 Orang, Positif Bertambah 13