Bupati Suwirta Turun Cek Wisatawan Tiongkok Sepi

Bupati Suwirta cek kondisi pariwisata Nusa Penida paska merebaknya virus corona.(foto: ist)

Beritabalionline.com –Dampak wabah virus korona di Wuhan, Tiongkok berimbas pula terhadap pariwisata di Nusa Penida. Hampir semua destinasi wisata di daerah kepualaun itu sepi dari kunjungan wisatawan Tiongkok. Padahal, sebelum munculnya wabah virus corona, wisata Nusa Penida setiap harinya diramaikan oleh kedatangan wisatawan Tiongkok yang ingin menikmati keindahan panorama alam bawah laut serta keindahan alam Nusa Penida.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta melihat sendiri situasi di Nusa Penida, Minggu  (16/2/2020). Bupati asal Ceningan, Nusa Penida ini melihat langsung kondisi lokasi pemungutan retribusi di Pelabuhan Banjar Nyuh dan Pelabuhan Buyuk juga sejumlah tempat wisata air (water sport), sepi dari kunjungan wisatawan Tiongkok.

Sebaliknya wisatawan asal Eropa, Asia termasuk wisatawan domestik masih ramai menginjakkan kaki di Nusa Penida. “Apa yang dialami dari dampak virus corona, yang terjadi di Nusa Penida ini sebagai pelajaran kita semua, masyarakat Nusa Penida dan pelaku pariwisata. Karena pariwisata sangat sensitif terhadap isu-isu bencana alam maupun penyakit yang terjadi secara tiba-tiba,” ujar Suwirta.

Selain mengunjungi pelabuhan, Suwirta didampingi istri dan Camat Nusa Penida Komang Widyasa Putra  meninjau tiga ruang isolasi yang disiapkan Rumah Sakit Pratama Nusa Penida. “Ini sudah kami siapkan untuk mengambil ancang-ancang jika ada wisatawan yang terjangkit virus Corona, ” tandasnya.

Ia meminta manajemen rumah sakit dan para dokter memberikan pelayanan yang terbaik sekaligus menjaga kebersihan rumah sakit dengan sebaik-baiknya. (wrb)

BACA JUGA:  Hari Kedua PKM, Denpasar Tak Ada Penambahan Kasus Covid-19, 1 Pasien Sembuh