Rutan Kabanjahe Sumut Rusuh, Puluhan Narapidana Dievakuasi

Rusuh Rutan Kabanjahe. ©Istimewa

Beritabalionline.com – Kericuhan terjadi di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II B Kabanjahe, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, pada Rabu (12/2/2020). Akibatnya puluhan narapidana yang ada di rutan itu dievakuasi.

“Untuk sementara ini kami masih lakukan evakuasi sebagian napi yang ada di rutan tersebut,” kata Kapolres Tanah Karo AKBP Benny Hutajulu saat dikonfirmasi.

Ia mengaku, kericuhan yang terjadi sejak Rabu siang ini belum diketahui detail pemicu kericuhan. Namun pihaknya masih berusaha memadamkan api yang muncul dari dalam rutan.

“Api masih upaya kita padamkan,” ujarnya.

Ia menyebutkan, saat ini pihak kepolisian juga sudah berada di lokasi untuk melakukan penyekatan.

“Penanganan kericuhan juga dilakukan dengan bantuan TNI,” ujarnya.

Sebelumnya, Kerusuhan disusul kebakaran kembali melanda penjara di Sumut. Kali ini, Rabu (12/2/2020), peristiwa itu terjadi di Rutan Kelas IIB Kabanjahe, Jalan Bhayangkara, Kabanjahe, Karo, Sumut.

“Iya benar (terjadi kerusuhan dan kebakaran di Rutan Kabanjahe). Ini saya bersama dengan tim sedang menuju ke Karo,” ungkap Humas Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara, Josua Ginting saat dikonfirmasi wartawan.

Namun Joshua mengaku belum mengetahui persis penyebab kerusuhan dan kebakaran. Dia pun belum mengetahui ada tidaknya korban jiwa atau warga binaan yang melarikan diri dalam peristiwa ini. (itn)

BACA JUGA:  Mayat Wanita Tanpa Identitas Ditemukan Tergeletak di Pantai Bingin