Simpan 10 Paket Sabu, Pria Asal Singaraja Divonis 4,5 Tahun

Terdakwa I Putu Udayana Putra tertunduk lesu usai menjalani siding putusan di PN Denpasar. (foto : SAR)

Beritabalionline.com – I Putu Udayana Putra, pria kelahiran Singaraja 38 tahun lalu ini hanya bisa menundukkan kepalanya saat mendengar dirinya divonis 4 tahun dan 6 bulan (4,5 tahun) penjara dalam sidang yang berlangsung di Pengadilan Negeri (PN ) Denpasar, Selasa (11/2/2020).

Majelis hakim pimpina I Wayan Kawisada dalam amar putusnya menyatakan sependapat dengan Jaksa Penuntut Umum (JPU) IGN Agung Ary Kusuma yang menyebut bahwa perbuatan terdakwa melanggar Pasal 112 ayat (1) UU narkotika.

Yaitu, setiap orang yang tanpa hak atau melawan hukum menanam, memelihara, memiliki, menyimpan, menguasai, atau menyediakan Narkotika Golongan I dalam bentuk bukan tanaman.

Namun majelis tidak sependapat dengan lamanya hukuman yang dimohonkan jaksa. Dimana pada sidang sebelumnya, jaksa Kejari Denpasar itu menuntut agar terdakwa dihukum penjara selama 6 tahun.

Setelah mempertimbangkan hal hal yang memberatkan dan meringankan, majelis memangkas hukuman terdakwa menjadi 4,5 tahun penjara. “Menghukum terdakwa dengan pidana penjara selama 4 tahun dan 6 bulan, denda Rp 800 juta subsider 3 bulan kurungan,” demikian vonis hakim.

Atas vonis itu, terdakwa langsung menyatakan menerima, sedangkan jaksa masih pikir-pikir. ”Kami menerima putusan ini yang mulia,” ujar tim kuasa hukum terdakwa usai berunding dengan terdakwa.

Seperti diketahui, terdakwa ditangkap polisi pada 9 Oktober 2019 sekitar pukul 14.00 WITA di areal parkir rumah kost di Jalan Perumahan Graha Liva, Banjar Biaung, Denpasar Timur. Penangkapan terdakwa ini berawal dari adanya laporan masyarakat. (sar)

BACA JUGA:  Produksi Miras Oplosan, Pria Asal Jakarta Dibekuk Polisi