Pemkab Gianyar Tak Anggarkan Dana Ogoh-ogoh

Bupati Gianyar Made Mahayastra.(foto: ist)

Beritabalionline.com –  Menjelang hari Raya Nyepi di bulan Maret mendatang, Pemerintah Kabupaten Gianyar tidak mengalokasikan anggaran untuk pembuatan ogoh-ogoh di setiap Sekaa Teruna Teruni (STT) atau banjar.

“Kebijakan kami ini bukan  karena tidak ada anggaran. Selama saya menjadi bupati, saya tidak pernah mengalokasikan dana untuk ogoh-ogoh. Karena ini kan kreativitas anak muda, kami ingin membentuk karakter anak muda yang bertanggung jawab. Mulai dari pencarian dana hingga proses pengerjaan dilakukan secara mandiri, mencari sumbangan ke rumah-rumah, ke tempat usaha, dilakukan secara gotong royong,” kata Bupati Gianyar Made Mahayastra saat dikonfirmasi, Selasa (11/2/2020).

Menurutnya, pengumpulan dana hingga proses pembuatan yang demikian, sejatinya sangat menyenangkan, dan hal tersebut semakin memupuk rasa tanggung jawab antar anggota pemuda. “Semua masyarakat Gianyar di masa-masa ini pernah merasakan menjadi anggota pemuda  yang sangat menyenangkan. Karena  itu, kami ingin memberikan kesempatan itu pada anak-anak muda kita, tidak malah memanjakan mereka,” ucap orang nomor satu di Kabupaten Gianyar.

Meski demikian, pihaknya mengimbau generasi muda di Kabupaten Gianyar supaya menjalani proses tersebut dengan cara elegan, tidak melakukan pemaksaan, atau hal-hal di luar norma. Yakni, tidak boleh ada pemaksaan, seperti saat minta sumbangan, jadi seyogyanya  santun.

“Pengalaman-pengalaman seperti ini, akan sangat berguna ketika mengikuti organisasi-organisasi lainnya,” ujarnya.

Terkait Hari Suci Nyepi, apakah ada daerah di Kabupaten Gianyar yang dilarang membuat ogoh-ogoh? Mahayastra menegaskan tidak ada pelarangan. Sebab berdasarkan laporan yang diterimanya, situasi di daerah yang dipimpinnya relatif aman.

Ditegaskan juga. tidak ada daerah atau desa yang tidak boleh membuat ogoh-ogoh. Karena situasi kita di Gianyar kondusif. Hanya saja, Mahayastra berharap bentuk ogoh-ogoh yang dibuat, tidak ada menyinggung SARA dan pornographi. (yes)

BACA JUGA:  Peserta Demo Hari Buruh di Denpasar Dinyatakan Reaktif saat Dites Antigen