Pasang Alat Curi Data Nasabah di ATM, Dua WN Bulgaria Ditangkap Polisi

Dua WN Bulgaria saat diamankan di Mapolda Bali. (foto : ist)

Beritabalionline.com – Polda Bali kembali mengungkap kasus Transnational Crime berupa pencurian data nasabah Bank (skimming). Pelaku yang diamankan adalah dua orang warga negara asing asal Bulgaria.

“Pelaku memasang alat skimming berupa router dilengkapi dengan flasdisk dan hidden camera untuk mengambil data nasabah,” terang Direktur Ditreskrimum Polda Bali Kombes Pol. Andi Fairan, Selasa (11/2/2020) di Denpasar.

Kasus ini terungkap berawal informasi dari masyarakat bahwa telah terpasang alat skimming berupa router lengkap dengan flasdisk serta heiden camera terpasang di mesin ATM milik salah satu Bank di Jalan Sunsert Road Seminyak, Kuta, Badung.

Informasi ditindaklanjuti oleh anggota Resmob Polda Bali dengan melakukan pengintain di seputaran mesin ATM dimaksud, pada Senin (10/2/2020) malam.

Beberapa jam kemudian, salah satu pelaku bernama Teodor Stepanov Petrov datang mengendarai sepeda motor. Petugas membiarkan pelaku masuk ke dalam mesin ATM. Setelah kurang lebih satu jam di dalam mesin ATM, pelaku keluar.

Tak ingin kehilangan buruan, petugas kemudian meringkus bule Bulgaria yang menginap di Jalan Persada II No. Kerobokan, Kuta Utara, Badung ini. Kepada polisi, tersangka mengaku menjalankan aksinya bersama temannya yang juga WN Bulgaria bernama Kamen Sevdalinov.

“Teman pelaku kemudian kita amankan di Jalan Persada II No. Kerobokan, Kuta Utara, Badung,” kata Kombes Andi Fairan.

Dari tangan tersangkan disita berbagai barang bukti seperti laptop, 28 buah kartu warna putih, alat congkel, paspor, handphone, uang tunai Rp116 juta, uang asing Euro, dan barang lain.

“Saat ini masih dilakukan interogasi awal terhadap pelaku, serta berkoordinasi dengn pihak Bank terkait,” jelas Dirkrimum. (agw)

BACA JUGA:  Residivis Kasus Narkoba Jambret Kalung Wanita Dibekuk Polisi