Digerus Air Hujan, Jembatan Butus Jebol, Lima Dusun Terancam Terisolasi

Penanganan akses di Dusun butus, Desa Bhuana Giri, Sidemen.(foto: ist)

Beritabalionline.com – Hujan lebat yang terjadi sejak Jumat (7/2/2020) hingga Minggu (9/2/2020) di beberapa kabupaten di Bali mulai munculkan bencana dimana-mana. Di Dusun Butus, Desa Bhuana Giri, Kecamatan Sidemen, Karangasem misalnya, jembatan jebol tergerus air hujan.

Akibatnya sebanyak 5 dusun, Dusun Butus, Tanah Aron, Nangka, Bukit Paon dan Dusun Uma Anyar terancam terisolasi. Ribuan warga serta siswa SMPN 3 Bhuana Giri teranam tidak bisa melalui jalan tersebut.

Tidak hanya itu, senderan milik LPD Desa Adat Nangka juga ikut tergerus banjir. Saat ini pengurus LPD berinisiatif membuat tanggul pengaman agar bangunan LPD tidak sampai ambrol.

Team dari BPBD Karangasem juga melakukan pemasangan rambu agar jalan tersebut sementara tidak dilalui, kendaraan dialihkan ke jalan alternatif.

“Jalan alternatif lain memang ada, namun jaraknya jauh dan melingkar. Kondisi jalan ini juga rusak dan bolong-bolong,” tandas Kepala Dusun Butus, Gede Ngurah Sudarman, Minggu (9/2/2020).

Sudarman berharap agar pemerintah segera merealisasikan pembuatan  jembatan di daerah tersebut.

Kepala Dinas PU&PR ikut membantu dengan mengirimkan alat berat untuk penyiapan jalan alternatif sementara.

“Louder sedang kita siapkan dan sudah berangkat dari  wilayah Kubu menuju lokasi (Butus),” ujar Kadis PU&PR Nyoman Sutirtayana. “Masyarakat mohon bersabar dulu, sesuai APBD pembuatan jembatan akan segera dilaksanakan dengan dana Rp 5 milyar. Dengan bentangan sepanjang 30 meter,” pungkas Sutirtayana. (riz)

BACA JUGA:  Para Kabag Setda Kota Denpasar Serahkan Bantuan Masker dan 'Face Shield'