BMKG Imbau Masyarakat Waspada Potensi Hujan Lebat

Hujan lebat. (foto : ist)
Beritabaliinline.com – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memonitor terjadinya Siklon Tropis Damien yang tumbuh di sekitar Samudera Hindia dan bergerak ke arah barat-barat daya dengan kecepatan 12 km per jam.
“Siklon Tropis Damien berdampak terhadap cuaca di Indonesia berupa hujan berintensitas sedang hingga lebat di wilayah Jawa bagian Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Nusa Tenggara Timur (NTT),” kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Bencana BNPB, Agus Wibowo dalam siaran pers, Jumat (7/2/2020).
Selain Siklon Tropis Damien, BMKG mendapati terjadinya bibit siklon tropis lainnya dengan kode 92S di perairan barat Australia yang bergerak ke arah barat daya.
“Siklon ini berpotensi pada terjadinya hujan dengan intensitas lebat maupun hujan lebat disertai angin kencang dan petir, 7-8 Februari,” jelasnya.
BMKG juga menyebut terjadi gelombang laut dengan ketinggian 1,25 – 2,5 meter di Samudera Hindia atau sekitar wilayah perairan Jawa Timur, Bali, NTB, selatan Kupang, Rote, dan selatan Laut Sawu.
Sehubungan dengan fenomena alam terkait iklim dan cuaca, masyarakat diimbau untuk selalu waspada dan siap siaga terhadap potensi ancaman bahaya, seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, angin kencang maupun petir.
“Masyarakat dapat terus memantau prakiraan cuaca maupun informasi kewaspadaan terkait cuaca yang dikeluarkan oleh BMKG, BNPB dan BPBD,” terang Agus Wibowo. (agw)
BACA JUGA:  Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra Dilantik sebagai Kapolda Bali, Ini Pesan Kapolri