Karangasem Terima Penghargaan BNPB, Jokowi Ingatkan Waspada Perubahan Iklim

Bupati Karangasem Gusti Ayu Mas Sumatri menerima penghargaan dari BNPB.(foto: ist)

Beritabalionline.com –  Dinilai berpartisipasi aktif dalam penanggulangan bencana, Pemkab Karangasem menerima penghargaan dari BNPB. Penghargaan itu diterima oleh Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri dari Kepala BNPB Letjen Doni Mordono, di Bogor, Selasa (4/2/2020).

Mas Sumatri usai menerima penghargaan menyampaikan apresiasinya atas penghargaan yang diperoleh BPBD Karangasem, “Mari wujudkan Karangasem yang lebih tangguh dalam menghadapi dan mengantisaipasi bencana. Sekali lagi salam tangguh buat BPBD, para relawan, dan masyarakat Karangasem,” kata Mas Sumatri.

Presiden RI Joko Widodo yang hadir dalam acara penyerahan penghargaan itu, sempat menyampaikan beberapa pesan kepada BNPB dan kepala daerah yang hadir. Joko Widodo minta agar tetap mewaspadai perubahan iklim. Dalam penanggulangan bencana, Jokowi minta  seluruh instansi Pemerintah Pusat dan daerah harus bersama-sama bersinergi untuk upaya pencegahan, mitigasi dan meningkatkan kesiapsiagaan. Jokowi mendorong pemerintah daerah perlu melakukan pengendalian tata ruang berbasis pengurangan risiko bencana.

Sigap terhadap potensi ancaman bahaya sesuai dengan karakteristik wilayah, baik geologi, vulkanologi, limbah, hidrometeorologi, biologi dan pencemaran lingkungan.Kepala daerah yang hadir dihimbau segera menyusun rencana kontinjensi termasuk penyediaan sarana dan prasarana kesiapsiagaan. (riz)