WNI yang Dievakuasi dari Wuhan akan Jalani Observasi Sebelum Pulang ke Rumah

Presiden Joko Widodo.

Beritabalionline.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengevakuasi warga negara Indonesia (WNI) yang berada di Wuhan, China. Jokowi menyebut keputusan mengevakuasi WNI di China ini sudah disampaikannya saat menggelar rapat kabinet terbatas.

“Kemarin sore sudah kita putuskan dalam rapat terbatas bahwa saya sudah perintahkan untuk segera dievakuasi Warga Negara Indonesia kita yang ada di Wuhan dan sekitarnya,” ujar Jokowi di Underpass YIA, Jumat 31 Januari 2020.

Terkait evakuasi WNI ini, Jokowi menyebut jika akan dikoordinir oleh Menteri Luar Negeri bersama dengan seluruh kementerian yang terkait. Seperti Menteri Kesehatan, Menteri Pariwisata, Menteri Perhubungan, Panglima TNI, maupun Kepala BNPB.

Jokowi menerangkan jika WHO sudah mengumumkan situasi darurat global terkait dengan Virus Corona. Jokowi menilai jika keputusan mengevakuasi WNI di Wuhan dan sekitarnya adalah sebuah keputusan yang tepat.

“Saya kira keputusan kita kemarin untuk mengevakuasi sudah betul. Sehingga ini yang perlu dimatangkan adalah bagaimana secepatnya membawa WNI kita sebanyak kurang lebih 243 orang untuk menuju ke Indonesia,” ucap Jokowi.

Jokowi menerangkan terkait evakuasi WNI di Wuhan dan sekitarnya memerlukan sejumlah tahapan. Nantinya WNI yang dievakuasi dari Wuhan dan sekitarnya akan menjalani observasi terlebih dahulu.

“Tentu saja ada observasi dan lain-lainnya (bagi WNI yang di evakuasi dari Wuhan dan sekitarnya) sebelum dikembalikan kepada orangtua maupun masyarakat,” ujar Kepala Negara. (itn)

BACA JUGA:  Polisi Tangkap Pelaku Penipuan Investasi Pembangunan Villa di Bali Terhadap Putri Raja Arab