TNI dan Ratusan Warga Bersihkan Sampah di Desa Siangan, Gianyar

Personel Koramil 1616-01/Gianyar bersama warga dan instansi terkait gotong royong membersihkan sampah. (foto : ist)

Beritabalionline.com – Kepedulian dan kebersihan lingkungan menjadi hal yang sangat penting bagi kehidupan. Bagaimanapun kualitas lingkungan yang sehat akan berdampak pada kualitas kehidupan masyarakat.

Untuk mewujudkan hal itu Pemerintah Kecamatan Gianyar bersinergi dengan Koramil 1616-01/Gianyar, Polsek Gianyar dan juga masyarakat Desa Siangan melakukan bersih lingkungan secara bergotong royong di wilayah Desa Siangan, Gianyar melalui Program Jumat Bersih.

“Kegiatan ini bertujuan untuk membersihkan lingkungan Desa Siangan dari berbagai sampah, terutama sampah plastik yang dapat mengurangi keindahan desa,” kata Plh. Camat Gianyar I Wayan Widana di sela-sela kegiatan, Jumat (31/1/2020).

Lanjutnya, dengan adanya kegiatan Jumat Bersih, tentunya akan membantu menjaga kualitas kesehatan lingkungan Desa Siangan, dan juga menghindarkan kemungkinan munculnya berbagai penyakit.

Pelaksanaan Jumat Bersih kali ini dimulai dari Kantor Desa Siangan dengan melibatkan ratusan warga masyarakat, kemudian menyisiri jalan-jalan di seputaran Desa Siangan.

Di tempat yang sama Danramil 1616-01/Gianyar Kapten Inf Hengky Histoveri mengatakan, sasaran utama pembersihan kali ini adalah sampah-sampah plastik yang dibuang sembarangan.

Terlebih saat ini sudah memasuki musim penghujan sehingga bila tidak dibersihkan akan dapat menyumbat saluran air yang ada.

“Lingkungan yang bersih dan asri merupakan dambaan setiap masyarakat namun terkadang kesadaran masyarakat untuk memelihara lingkungan sangat kurang sehingga kita perlu memberi himbauan dan langsung turun ke lapangan,” ujar Danramil Gianyar.

Danramil juga mengatakan akan terus berkoordinasi dengan pihak kecamatan dan masyarakat di wilayah binaannya untuk menggiatkan Program Jumat Bersih yang sudah dicanangkan oleh pemerintah termasuk di lingkungan Pemerintah Kabupaten Gianyar.

“Kita turun langsung ke lapangan sekaligus memberikan pembinaan pola hidup sehat dengan menjaga kebersihan lingkungan,” pungkasnya. (agw)

BACA JUGA:  Cegah Penyebaran Covid-19, Sekolah di Denpasar Galakkan PHBS dan CTPS