Tekan Angka Kecelakaan Kerja, PLN UID Bali Dorong Pegawai dan Mitra Sadar K3

Upacara apel bulan K3 Nasional di Kantor PLN UID Bali. (foto : ist)

Beritabalionline.com – PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Bali terus berupaya menekan angka kecelakaan kerja dengan meningkatkan kesadaran K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja).

“Peningkatan kesadaran K3 tidak hanya untuk pegawai, namun juga berlaku bagi seluruh mitra kami,” ucap General Manager PLN UID Bali Nyoman S. Astawa usai upacara apel bulan K3 Nasional di Kantor PLN UID Bali, Denpasar, Jumat (31/1/2020).

Dijelaskan, angka kecelakaan kerja di PLN UID Bali terbilang kecil dan jika ada tergolong kecelakaan ringan.

Nyoman Astawa lalu mengungkapkan, timbulnya kecelakaan kerja lebih banyak disebabkan oleh faktor personal, di mana para pekerja kurang memahami pentingnya menggunakan Alat Pengaman Diri (APD).

“Ini kan seolah menjadi kebiasaan. Contoh ketika bekerja ada pegawai di lapangan tidak menggunakan sarung tangan dengan alasan kurang bebas bergerak. Hal-hal seperti ini yang tidak disadari bahwa itu bisa menimbulkan luka karena memegang benda tajam,” sebutnya.

Untuk itu, pihaknya memberikan penekanan agar pegawai dan mitra kerja PLN UID Bali sadar K3. Jika hal itu diabaikan, managemen PLN UID Bali tidak segan-segan memberi teguran, peringatan, bahkan pemutusan hubungan kerja.

“Harus sadar bahwa K3 menjadi sebuah budaya, bukan suatu keterpaksaan. Dengan demikian, kecelakaan saat bekerja bisa dihindari sedini mungkin,” tegasnya. (agw)

BACA JUGA:  Gianyar Gelar Peringatan Bulan Bahasa