Tiang Listrik Tumbang, Jalur Tegallalang – Payangan Putus

Tiang listrik yang tumbang di jalur Tegallalang-Payangan.(foto: ist)

Beritabalionline.com – Jalur Payangan – Tegallalang di Desa Kelusa, Payangan, terputus, Kamis (30/1/2020). Lantaran pohon dan tiang listrik bertimbangan di sepanjang jalan.

Pengguna jalan yang hendak melintas pun tidak berani mendekat karena adanya percikan api listrik yang menandakan aliran listrik masih yang aktif.

Sementara petugas BPBD Gianyar yang tiba di lokasi, tidak bisa langsung melakukan evakausi, karena harus berkoordinasi terlebih dahulu dengan pihak PLN.

Dari keterangan warga, akibat adanya pohon dan ranting tumbang, satu tiang roboh melintangi jalan dan satu lagi ikut tertarik hingga posisinya miring.

Sementara kabel listrik melintang dan berserakan di badan jalan di antara tumpukan ranting pohon.

Meski ada beberapa celah yang bisa dilewati oleh pengendara motor, pengguna jalan tidak berani ambil resiko kesetrum karena saat tumbang sempat ada percikan api listrk yang menandankan listrik masih tersambung.

“Tidak ada yang berani lewat, takutnya kesetrum. Apalagi hujannya tidak reda-reda. Kami harap pihak PLN segera memutus aliran listrik untuk sementara,” ungkap Ngakan Suwitra warga asal Kelusa.

Kabid Kedaruratan, BPBD Gianyar, Ni Wayan Sri Lasmiari menyebutkan, pihaknya menerima laporan tiang listrik tumbang itu sekitar Pukul 15.00 WITA.

Mengingat, berpotensi membahayakan masyarakat, terlebih menghalangi  badan jalan, pihaknya langsung menggeser sejumlah anggota TRC BPBD Gianyar ke  ke lokasi itu.

Dikatakannya, hujan deras yang mengguyur Kamis sore ini memang menimbulkan pohon tumbang di beerapa tempat. Karena itu pihaknya memprioritaskan titik-titik yang mengganggu fasilitas umum dan membahayakan keselamatan warga.

“Sejumah personil yang sedang melakukan penanganan di Cmpihan Ubud, sudah langsung kami geser ke Desa Kelusa,” terang Srikandi BPBD ini.

Diakuinya, untuk menanganan pohon tumbag yang diikuti tiang listrik tumbang, pihaknya tidak boleh gegabah. Karena itu, sebelum melakukan penanganan, pihaknya berkoordinasi dulu dengan pihak PLN.

BACA JUGA:  Pemprov Bali Dorong Pengelolaan Sampah Jadi Energi Listrik

“Kami masih menunggu penanganan dari pihak PLN. Setelah dipastikan sambungan listrik diputus, kami langsung lakukan evakasuai,” teragnya.

Secara terpisah, Menejer PLN Gianyar, Billy Ramadhana menyebutkan, beberapa musibah pohon tumbang memang mengakibatkan terganggunya jaringan listrik. Termasuk menerima laporan tiang listrik tumbang di Desa Keluasa.

Atas laporan itu, kini pihaknya sedang melakukan normalisasi gangguan kelistrikan yang disebabkan beberapa pohon tumbang.

“Kami mohon permakluman atas kondisi ini. Saat ini  kami telah mengerahkan para petugas untuk menangani sejumlah gangguan listrik di sejumlah lokasi,“ terangnya singkat. (yes)