Gianyar Jadi kabupaten Pertama Cairkan Dana Desa

Salah satu kegiatan pavingisasi yang menggunakan dana desa di Gianyar.(foto: ist)

Beritabalionline.com – Kepala dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Dewa Ngakan Ngurah Adi mengatakan Gianyar menjadi kabupaten yang pertama bisa mencairkan dana desa di Bali. Akhir Januari atau awal februari 2020 ini dana desa akan ditransfer ke rekining 64 Desa di Gianyar. Dengan adanya pencairan yang terkatagori cepat ini. Berdampak pada cepatnya desa dalam melakukan serapan. Sehingga secara beruntun Gianyar mendapat penghargaan pengelolaan dana desa dari tahun 2018.

“Cepat melakukan kegiatan , silpanya akan dapat ditekan sekecil mungkin. Makanya dengan cepat cairnya ini penilaian pengelolaan paling tinggi setelah itu baru dinilai serapannya, kemudian dinilai peruntukannya, dan terakhir pelaporannya” ucapnya di Gianyar Kamis (30/1).

Dalam kesempatan tersebut dikatakan cepatnya cair dana desa di Gianyar karena semua desa di Kabupaten Gianyar sangat cepat dalam pemenuhan persyaratan dalam regulasi pencairan.

” ini kalau di Kabupaten lain biasanya sulit nyari tanda tangan Bupatinya, tapi kalau saya sebagai Kadis, kalau ada yang penting seperti ini saya cari bapak Bupati kerumahnya untuk nyari tanda tangan” jelasnya.

Keuntungan yang akan diperoleh atas cepatnya pencairan dana desa ini, nanti Gianyar akan mendapat penghargaan dari Kementerian keuangan sebagai Kabupaten pengelola dana desa terbaik seperti tahun 2018 Gianyar terbaik 1 , tahun 2019 ini Gianyar terbaik 2. “baru kemarin penghargaannya diserahkan , untuk mendapat penghargaan ini salah satu kriterianya  adalah cepat bisa mencairkan.  ini modal untuk Gianyar astungkara tahun 2020 akan meraih predikat terbaik 1” jelas Ngurah Adi.

Ngurah Adi menambahkan, sesuai regulasi jumlah pencairan dana desa tersalurkan menjadi tiga tahap. Tahap pertama saat ini sebanyak 40%. Sementara di Gianyar terdapat 64 Desa. “tidak sepenuhnya diterima, bertahap, untuk tahap pertama itu 40%” pungkasnya.(yes)

BACA JUGA:  LSPR dan SMSI Bali Tanda Tangani MoU Bidang Pendidikan Jurnalistik