Yasonna Nilai Ronny Sompie Pantas Dicopot dari Dirjen Imigrasi

Menkum HAM Yasonna Laoly.

Beritabalionline.com – Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly menilai Ronny F Sompie memang pantas untuk dicopot dari jabatannya sebagai Dirjen Imigrasi. Yasonna mengatakan, Ronny sebagai orang yang bertanggungjawab dalam hal informasi mengenai keluar masuk tersangka suap Harun Masiku, calon legislatif PDIP.

“Tanggung jawabnya siapa yang paling apa (bertanggung jawab) di situ,” kata Yasonna di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (29/1/2020).

Yasonna mengaku sudah lama mengingatkan Ronny untuk perbaikan sistem. Masalah delay sistem itu yang menjadi dalih Kemenkum HAM bahwa tidak mendapatkan informasi Harun sudah tiba di Jakarta sebelum operasi tangkap tangan anggota KPU Wahyu Setiawan.

“Sistemnya saya sudah (minta) berapa bulan yang lalu perbaiki sistem itu,” kata Ketua DPP PDIP itu.

Yasonna turut menanggapi desakan untuk dicopot dari jabatan Menkum HAM karena juga terlibat pemberian informasi terkait keberadaan Harun.

“Itu hak dia bicara urusan dia itu tapi kan lihat dulu ada gak faktor-faktor mens rea-nya,” kata Yasonna.

Sebelumnya Yasonna mencopot Dirjen Imigrasi Ronny F Sompie karena berpotensi konflik kepentingan dalam tim investigasi Kemenkum HAM yang bertugas untuk menelusuri informasi delay kedatangan Harun. Beberapa lembaga terlibat, namun Ombudsman menarik diri. Yasonna pun tidak ada masalah.

“Urusan dia. Pokoknya kita urusan dia itu bukan urusan saya,” kata Yasonna. Dilansir merdeka.com.

BACA JUGA:  Lolos Verifikasi, SMSI Resmi Jadi Konstituen Dewan Pers