Pemkab Badung Komitmen Perangi Narkoba

Kepala BNN RI Komjen Pol Heru Winarko (kiri).

Beritabalionline.com – Wakil Bupati Badung, Bali, I Ketut Suiasa menegaskan bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Badung berkomitmen memerangi narkoba dan berbagai upaya dalam pemberantasan barang terlarang tersebut. Hal itu disampaikan Suiasa di hadapan jajaran Badan Narkotika Nasional (BNN) RI.

“Kami telah melakukan berbagai langkah positif terkait pemberantasan narkoba, salah satunya adalah dengan melakukan tes urine kepada seluruh pejabat dan pegawai di lingkungan Pemkab Badung,” ujar Wabup Suiasa kepada rombongan BNN yang dipimpin Kepala BNN RI Komjen Pol Heru Winarko saat berkunjung ke Mal Pelayanan Publik (MPP) Pemkab Badung, pada Rabu (29/1/2020).

Dijelaskan, di lingkungan pemerintahan, selain tes urine pihaknya juga meningkatkan sinergitas seluruh jajaran Organisasi Peringkat Daerah bersama dengan BNN dalam penanganan masalah narkoba. Pihaknya juga mendorong desa dinas yang ada di wilayah Badung untuk mengalokasikan dana yang akan digunakan sebagai pencegahan bahaya narkoba.

“Selain desa dinas, kami juga mendorong desa adat membuat regulasi atau awig/perarem tentang pencegahan narkoba dan mendorong generasi muda untuk melakukan kegiatan positif sehingga mereka terhindar dari penyalahgunaan narkoba,” kata Wabup Suiasa.

Selain itu, komitmen Pemkab Badung dalam upaya pemberantasan narkoba juga telah diwujudkan dengan terus diberikannya dukungan penuh kepada BNNK Badung baik secara moril maupun materil.

Dukungan tersebut diwujudkan diantaranya dengan pemberian hibah kendaraan operasional dan hibah anggaran kepada BNNK Badung sebesar Rp1 miliar setiap tahun serta memberikan ruang BNN untuk hadir di Mal Pelayanan Publik.

“Itu semua guna memotong birokrasi pelayanan demi terwujudnya masyarakat di Badung yang sehat berbudaya dan Bersinar atau Bersih Narkoba,” tandas Suiasa.

Sementara itu, dalam kesempatan tersebut Kepala BNN RI Komjen Pol Heru Winarko bersama rombongan meninjau langsung proses pelayanan publik yang diselenggarakan oleh MPP Kabupaten Badung.

BACA JUGA:  Pasien Positif Covid-19 di Bali Bertambah 49 Orang, Sembuh 50, Meninggal 4

“Kami memberikan apresiasi atas kinerja MPP Badung sehingga layak dijadikan lokus kunjungan dalam hal penyelenggaraan pelayanan publik yang berorientasi pada kepuasan masyarakat,” ujar Heru Winarko. (itn)