Waspadai Virus Korona, Anggota DPR Usul Kebijakan Bebas Visa bagi WN China Dicabut

Ilustrasi virus corona.

Beritabalionline.com – Anggota Komisi I DPR Charles Honoris menyarankan pemerintah mencabut kebijakan bebas visa bagi warga negara China yang ingin melakukan perjalanan ke Indonesia. Langkah ini demi mencegah masuknya virus corona ke Indonesia.

Apalagi, China juga sudah melarang agen perjalanan mereka untuk memberangkatkan warganya ke luar negeri, termasuk Indonesia.

“Upaya untuk mencegah masuknya virus corona ke Indonesia harus dilakukan secara sistematis, tidak sekadar memperketat pintu masuk bandara dan pelabuhan atau menerbitkan ‘travel advice’ bagi WNI. Tetapi juga memberlakukan kembali visa kepada WN China yang ingin melakukan perjalanan ke Indonesia,” kata Charles dalam siaran persnya, di Jakarta, Selasa (28/1/2020).

Dengan pemberlakuan kembali visa kunjungan WN China setelah dibebaskan pada 2015, kata dia, Pemerintah bisa memperketat masuknya warga dari wilayah terdampak virus corona di China seperti Wuhan secara lebih intensif.

“Tidak sekadar mengandalkan thermo scanner di bandara/pelabuhan,” ujar Charles.

Menurutnya, pencabutan bebas visa bagi WN China ke Indonesia wajar karena negeri tirai bambu itu juga menerapkan kebijakan yang sama kepada WNI.

“Pembebasan visa seharusnya dilakukan secara resiprokal demi martabat bangsa,” terang dia.

Oleh sebab itu, politikus PDIP ini menilai dalam kondisi seperti sekarang, pemerintah memiliki kewajiban untuk melindungi warganya dari serangan virus mematikan tersebut..

“Jadi segala tindakan yang diambil, termasuk pencabutan fasilitas bebas visa kunjungan bagi warga negara China juga dalam rangka menjalankan kewajiban tersebut,” tegas dia.

 

Indonesia Aman

Sementara secara terpisah, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy memastikan, Indonesia aman dari wabah atau virus Corona. Hingga kini, sudah banyak korban yang berjatuhan di Wuhan, Hubei, China akibat terserang virus Corona.

BACA JUGA:  Kasus Positif Covid-19 di Indonesia Tembus 1 Juta Lebih, Ini Kata Menkes

“Alhamdulillah sampai hari ini Indonesia masih aman dan mudah-mudahan akan terus aman dan itulah yang kita usahakan,” kata Muhadjir di Kantor Kemenko PMK, Jakarta Pusat, Selasa (28/1/2020).

Ia pun menegaskan, Indonesia dalam kondisi yang aman dari virus Corona. Meski begitu, Indonesia tetap meningkatkan kewaspadaan yang sangat tinggi dan juga mengantisipasi agar tak masuknya virus Corona ke Indonesia. *itn