16 Advokat FERARI Diambil Sumpah oleh Ketua Pengadilan Tinggi Denpasar

Pengambilan sumpah dan janji profesi advokat di Pengadilan Tinggi Denpasar. (foto : Agung Widodo/Beritabalionline.com)

Beritabalionline.com – Pengadilan Tinggi Denpasar mengambil sumpah dan janji profesi advokat terhadap 16 orang advokat yang tergabung dalam wadah anggota Federasi Advokat Republik Indonesia (FERARI).

Ketua Pengadilan Tinggi Denpasar Zaid Umar Bobsaid, SH, MH., mengatakan, sesuai dengan sumpah dan janji, advokat dalam menjalankan tugas akan bertindak jujur, adil dan bertanggungjawab berdasarkan hukum dan keadilan.

“Saya berpesan agar para advokat yang baru dilantik selalu berpegang teguh kepada peraturan perundang-undangan, kode etik profesi dan selalu menjaga moral,” ucapnya, Selasa (28/1/2020) di Pengadilan Tinggi Denpasar.

Di tempat yang sama Ketua Umum DPP FERARI Prof. DR. DR. H. Teguh Samudera, SH., MH., meminta seluruh advokat yang baru diambil sumpahnya agar dalam menjalankan tugas selalu berpedoman dengan ketentuan yang berlaku.

“Advokat harus jujur, seperti yang sudah saya tekankan saat pengangkatan, kita harus jujur pada diri sendiri dan juga kepada orang lain. Jika kita selalu jujur, Insya Allah, Tuhan akan meridhoi dan memberkati kita,” ucapnya.

Ia juga mengatakan, kedepan tantangan penegakan hukum yang dihadapi semakin besar. Para advokat dari FERARI Provinsi Bali diharapkan dapat bersinergi dengan institusi terkait seperti Pengadilan, Kejaksaan dan Kepolisian.

“Saya ucapkan selamat menjalankan tugas kepada rekan-rekan FERARI yang diambil sumpahnya hari ini, jalin kebersamaan dan kekompakan sesama anggota, serta dengan institusi terkait,” pesan Teguh Samudera.

Sebelum diambil sumpah, 16 orang calon advokat dari FERARI Bali mengikuti sidang terbuka pengangkatan advokat oleh DPP Federasi Advokat Republik Indonesia (FERARI), Senin (27/1/2020) malam di Denpasar.

Dalam pesannya Ketua Umum DPP FERARI Prof. DR.(Yuris) DR (MP) H. Teguh Samudera, SH., MH., meminta para advokat yang telah diangkat untuk selalu menjalankan profesi dengan profesional religius.

BACA JUGA:  BKS LPD Sampaikan Kendala, Dewan Sarankan Lima Poin

“Ini yang keempat kalinya DPP FERARI mengangkat advokat-advokat yang ada di Bali. Hal ini bisa terlaksana berkat kegigihan rekan-rekan di Bali,” ucapnya.

Dikatakan, para advokat yang baru diangkat hendaknya mengedepankan profesional dan religius. Profesional dalam makna harus menguasai ilmu hukumnya, religius bermakna agar mengingat bahwa ada kekuasaan lebih tinggi, yaitu Tuhan Yang Maha Esa.

“Mudah-mudahan dengan kebersamaan di FERARI Provinsi Bali ini, penegakan hukum di Indonesia akan bercermin dengan pemegang hukum di Bali karena selalu tenang, bagus dan tertib. Saya juga berharap FERARI Bali menjadi suri tauladan bagi advokat-advokat di seluruh Indonesia,” ujarnya.

Ketua DPD FERARI Provinsi Bali I Made Ardana, SH, CIL, CPL mengatakan, dalam pengangkatan kali ini diikuti sebanyak 16 orang.

“Sebenarnya masih ada beberapa orang lagi diangkat, namun karena ada halangan, mereka akan menyusul,” terangnya.

Ditambahkan, pihaknya akan terus meningkatkan keanggotaan advokat FERARI Bali. Salah satu upaya yakni dengan melakukan pendidikan PKPA (Pendidikan Khusus Profesi Advokat).

Usai pengangkatan, acara dilanjutkan dengan pelantikan pengurus DPD dan DPC FERARI se Bali masa bhakti 2019-2023.

Made Ardana menjelaskan, dari 9 pengurus kabupaten/kota yang seharusnya dilantik, hanya 5 yang bisa yakni Singaraja, Denpasar, Badung, Gianyar dan Karangasem.

“Yang 4 kabupaten seperti Jembrana, Klungkung, Bangli dan Tabanan belum dilantik karena SK nya belum turun, kalau pengurusnya sendiri sudah lengkap,” paparnya. (agw)