Bupati Suwirta : Jangan Komersialkan Ketut Raka

Ni Ketut Raka bersama suaminya Michael Bommel saat bertemu dengan Bupati Suwirta.(foto: ist)

Beritabalionline.com – Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menerima tamu istimewa di ruang kerjanya, Rabu (22/1/2020). Suwirta menerima kedatangan pasangan suami istri Michael Bommel –Ni Ketut Raka. Kedatangan Ni Ketut Raka, warga asal Dusun Kelemahan, Desa Suana, Nusa Penida bersama suaminya yang warga Jerman ini, untuk silahturahmi.

Ni Ketut Raka penyandang disabilitas, tidak punya tangan dan kaki sejak lahir ini, sempat terkenal karena ia sempat menjadi vigur utama dalam film berjudul Jangan Jadikan Aku Beban, film motivasi yang dibuat oleh Pemkab Klungkung. Pada kesempatan itu, Suwirta wanti-wanti meminta kepada Michael Bommel, agar tulus mencintai Ni Ketut Raka sebagai istri. Bukan sebaliknya, memanfaatkan kekurangan Ni Ketut Raka untuk tujuan komersial atau mencari keuntungan pribadi.

“Selamat kepada Ni Ketut Raka semoga senantiasa berbahagia dalam mengarungi rumah tangga. Kepada suaminya saya minta agar tulus mencintainya. Jangan manfaatkan kekuangannya dia (Raka), tapi milikilah kekurangan dan kelebihannya,” pesan Bupati Suwirta kepada Michael Bommel. Suwirta merasa kagum dengan semangat Ni Ketut Raka. Dalam kondisi cacat, masih punya semangat tinggi untuk bisa bertahan hidup yakni dengan membuka warung sambil berjualan canang.

Hal itulah yang mendasari, Suwirta membuat film ‘Jangan Jadikan Aku Beban’ yang tersebar di chanel youtube, dengan harapan masyarakat Klungkung bisa mencontoh semangat yang dimiliki Ni Ketut Raka.   Saat ini pasangan suami istri yang menikah pada Agustus tahun 2019 ini, masih berada di Nusa Penida. Kedua pasangan ini berencana bakal tetap tinggal di Nusa Penida, tapi sewaktu-waktu akan mengunjungi Jerman, rumah Michael Bommel.     Michael Bommel mengaku melihat Ni Ketut Raka sebagai sosok seorang wanita yang kuat ditengah kekurangan yang dimiliki. Dengan menggunakan bahasa Indonesia yang masih tebata bata, Michael Bommel mengakui dirinya menikahi Ni Ketut Raka murni karena mencintai dan mengaguminya, bukan untuk mencari popularitas atau untuk tujuan komersial. Untuk membuktikan rasa cintanya, dirinya juga  akan mengajak Ketut Raka bepergian ke luar negeri untuk  menunjukan sejumlah tempat yang indah di sejumlah negara. (riz)

BACA JUGA:  Pelindo III Siap Dukung Peningkatan Kualitas SDM Wartawan PWI Bali