Bali Tuan Rumah Kejuaraan Karate Asia

Ardy Ganggas Sekretaris Umum Pengprov FORKI Bali.
(foto: ist)

Beritabalionline.com – Bali dipastikan menjadi host atau tuan rumah kejuaraan karate Asia AKF (Asian Karatedo Federation)  pada 4-6 September mendatang. Kini pihak pengprov FORKI, PB. FORKI dan pihak AKF masih mencari venue yang tepat untuk bertanding.

Seperti diutarakan Sekretaris Umum (Sekum) FORKI Bali, Ardy Ganggas, semua pihak tersebut baru-baru ini telah melakukan survey ke beberapa lokasi termasuk hotel yang ada di Bali, yang bisa dijadikan tempat pertandingan yang layak. “Kami bersama sudah ke Nusa Dua Convention Centre dan di sana sudah ada 3 tempat, di hotel Westin 2 tempat, di hotel Stone 1 tempat dan GOR Lila Bhuana. Semua itu sudah kami koordinir semuanya dan tinggal diajukan saja ke pihak AKF,” ungkap Ardy Ganggas, Rabu (22/1/2020).

Diakuinya, program tahunan AKF tersebut nantinya sudah dipastikan melalui konfirmasi 34 dari 44 negara di asia yang hendak ambil bagian di even itu. Jumlah konfirmasi itu bisa jadi bakal bertambah seiring berjalannya waktu sampai akhirnya nanti pendaftaran ditutup. “AKF itu nantinya bakal diikuti sekitar 400 sampai 500 karateka putra dan putri di Asia. Itu jika negara-negara peserta tidak mengirimkan full team. Jika full team akan lebih dari jumlah tersebut,” terang pria yang juga Kabid Binpres PB. FORKI itu.

Dalam kejuaraan tersebut ditambahkan Ardy Ganggas, bakal mempertandingkan 17 kelas terbagi dari 6 kelas kumite putra dan 5 kelas kumite putri, kata beregu perorangan putra dan putri, kata beregu putra dan putrid serta kumite beregu putra dan putri.

Lantas apakah nanti Bali bakal menurunkan karatekanya dengan membawa nama Indonesia atau Bali ? Dirinya masih melihat perkembangan dari sistim tersebut dari pihak AKF. Apakah karateka membela nama Indonesia, Bali atau dojonya. “Kita tunggu saja nanti,” demikian Ardy Ganggas. (riz)

BACA JUGA:  Bali Loloskan 17 Pesilat ke PON 2020 di Papua