Antisipasi Gangguan Kamtibmas, Aparat dan Pecalang Sidak Duktang di Celuk, Gianyar

Sidak Duktang oleh petugas dan Pecalang. (foto : ist)

Beritabalionline.com – Babinsa Desa Celuk Serma Ketut Suryanata bersama Bhabinkamtibmas dan Pecalang Banjar Tangsub melakukan inspeksi mendadak terhadap penduduk pendatang (Duktang) di Desa Celuk, Gianyar.

“Ini sebagai upaya menciptakan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) khususnya di wilayah Desa Celuk, Kecamatan Sukawati, Gianyar,” terang Kapenrem 163/Wira Satya Mayor Arm Ida Bagus Putu Diana Sukertia, Kamis (24/1/2020) di Makorem, Denpasar.

Sidak dilakukan, Rabu (23/1/2020) malam hari. Kegiatan ini juga merupakan bagian pencegahan dan antisipasi gangguan keamanan yang dilakukan tersebar mulai dari wilayah Banjar Tangsub sampai dengan wilayah Desa Celuk.

“Dari hasil koordinasi dengan Danramil 1616-05/Sukawati Kapten Inf Anak Agung Raka Malia, sidak rutin dilakukan minimal sebulan sekali dan kegiatan tambahan dilaksanakan melihat situasi di lapangan dengan berkoordinasi bersama aparat desa setempat,” tambah Kapenrem.

Dikatakan, Desa Celuk merupakan daerah wisata yang sering dikunjungi wisatawan dari mancanegara karena terkenal dengan kerajinan perak dan emasnya, di mana sebagian besar masyarakatnya merupakan pengerajin.

Menurutnya, tidak sedikit penduduk pendatang dari luar yang bekerja di Desa Celuk, sehingga perlu pendataan secara rutin untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terkait administrasi atau pelanggaran lainnya.

Sementara dari keterangan Prebekel Desa Celuk Nyoman Rupadana, sinergitas yang dilakukan oleh Babinsa dengan Bhabinkamtibmas serta unsur pengamanan desa dalam menjaga keamanan wilayah Desa Celuk sudah berjalan sangat baik. (agw)

BACA JUGA:  Warga Luar Bali Antre Urus Surat Jalan Pulang Kampung di Polresta Denpasar