Tahun 2020, Stro Inseminasi Buatan Sapi Gianyar Mencukupi

ilustrasi.

Beritabalionline.com – Beberapa waktu lalu, Stro-IB (inseminasi buatan) Sapi sempat langka di akhir Tahun 2019 lalu. Kelangkaan ini akibat jatah Stro-IB Sapi ini akibat jatah daro provinsi Bali sudah habis buat kabupaten Gianyar. “Nah, untuk Stro-IB di Tahun 2020 sudah melebihi target,” kata Kadis Pertanian Gianyar, Made Raka, Selasa (21/1/2020).

Dijelaskan Made Raka, kelangkaan Stro-IB menyebabkan peternak yang memiliki sapi birahi dalam kurun Nopember 2019- pertengahan Januari 2020 harus mengawinkan sapinya secara alami ( mengunakan sapi pejantan). “Kondisi ini merepotkan peternak, terlebih peternak kesulitan mendapatkan sapi pejantan,” jelas Made Raka lagi. Kondisi ini diatasi dengan meminjam atau menyewa sapi pejantan kepada peternak lain dengan sewa  yang mahal. “Memakai pejantan mahal dan merepotkan, tidak sepraktis menggunakan Stro-IB,” imbuhnya.

Ditambahkan Kabis Peternakan, Ngakan Putu Readi membebarkan sempat terjadi kelangkaan Stro-IB. “Sejak 15 Januari 2020, kami sudah droping stro-IB sebanyak 225 dosis, dari 225 dosis itu telah didistribusikan ke masing-masing kecamatan, secara proporsional,” ujarnya.

Sedangkan untuk Provinsi Bali mendapat jatah dari Dirjen Peternakan Kementerian Pertanian sebanyak 80 ribu dosis dan Gianyar dijatah 10 ribu dosis 2020. Sehingga dengan jatah 10.000 dosis stro-IB, inseminasi sapi di Gianyar mencukupi.

Hal yang menyulitkan adalah stro-IB tidak diperjual belikan bebas di pasaran. Stro-IB hanya tersedia untuk Program Upaya Khusus(Upsus) Gerakan Setentak(Gertak) Sapi Wajib Bunting (Siwab). Sedangkan target 2019 adalah 8.000 melampaui target menjadi 9.350. “Sekarang, cukup telpon petugas urusan mengawinkan ternak sapi, urusan selesai,” tandasnya. Distan Gianyar saat ini memiliki 28 petugas IB, yang tersebar di tujuh kecamatan.(yes)

BACA JUGA:  Besok Jalan Raya Bedulu Ditutup Sehari