Membersihkan Patung Dewa Jelang Tahun Baru Imlek

Seorang warga Tionghoa membersihkan patung jelang perayaan Imlek.

Beritabalionline.com – Membersihkan Patung Dewa Jelang Tahun Baru Imlek. Menyambut Tahun Baru Imlek 2571 pada 25 Januari 2020, warga keturunan Tionghoa di berbagai wilayah, termasuk di Bali membersihkan rupang atau patung dewa serta menghiasi klenteng dengan aneka pernak-pernik Imlek.

Hal itu terlihat di Vihara Dharmawacana, Kuta, Kabupaten Badung, Bali. Ratusan warga etnis Tionghoa mempersiapkan perayaan Tahun Baru Imlek 2571 dengan melakukan berbagai persiapan di vihara tersebut.

“Hari ini kami melaksanakan bersih-bersih rupang atau arca, melakukan bersih-bersih lingkungan, memasang lampion dan mempersiapkan area sekitarnya menjelang Tahun Baru Imlek,” tutur Kelian Banjar Dharma Semadi Kuta, Adi Dharmaja Kusuma, Sabtu (18/1/2020).

Dalam kesempatan tersebut, sekitar 200 orang yang merupakan keluarga besar Banjar Dharma Semadi Kuta melakukan pencucian terhadap lebih dari 70 rupang atau patung dewa.

Adi Dharmaja menjelaskan, sebelum melakukan ritual pembersihan, para umat terlebih dahulu melakukan persembahyangan bersama kepada Tuhan Yang Maha Esa untuk memohon izin sebelum melakukan pembersihan sekaligus mengantarkan para dewa ke kayangan.

“Makna dari kami bersembahyang itu selain memohon izin, kami juga mengantarkan para dewa-dewi yang ada di sini ke kayangan baru setelah itu kami boleh membersihkan area vihara atau tempat ibadah. Pada tanggal 23 Januari nanti, kami percaya para dewa akan kembali datang ke tempat ini,” katanya.

Selain melakukan pencucian rupang, warga terlihat membersihkan bangunan vihara, mempersiapkan perlengkapan-perlengkapan ibadah serta memasang ratusan lampion untuk menambah semarak perayaan Tahun Baru Imlek di vihara yang juga ramai dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai negara itu. (tra)

BACA JUGA:  Tabrak 'Pantat' Truk, Pegawai Damkar Badung Meninggal Dunia