Pemkot Denpasar-Zimbabwe Jajaki Kerja Sama Promosi Budaya & Ekonomi Kreatif

Wali Kota Denpasar, IB Rai Mantra saat menerima kunjungan Duta Besar RI untuk Zimbabwe. (foto : ist)

Beritabalionline.com – Pemerintah Zimbabwe kini tengah menjajaki kerja sama di bidang budaya dan ekonomi kreatif untuk menunjang ekonomi serta pariwisata bagi kedua belah pihak. Hal ini disampaikan Duta Besar RI untuk Zimbabwe, Dewa Made Juniarta Sastrawan hadir usai bertemu Wali Kota Denpasar, I.B Rai Dharmawijaya Mantra, serta OPD terkait, di Denpasar, Kamis (16/1/2020).

Menurut Juniarta langkah ini dilakukan tidak terlepas dari prestasi yang telah diraih Pemkot Denpasar dalam berbagai bidang. Disamping komitmen Wali Kota Denpasar dalam perlindungan budaya. Hal ini ia nilai sangat efektif dalam penguatan budaya.

Dia mencontohkan penataan Jalan Gajah Mada, Taman Kumbesari Tukad Badung yang perlu ditiru dan akan dipromosikan untuk kepentingan pariwisata. Pihaknya juga mendukung upaya Pemkot Denpasar dalam mempromosikan pembangunan masa depan lewat tempat kreatif Dharma Negara Alaya (DNA).

“Kita berharap lewat kerjasama ini akan memberikan keuntungan signifikan bagi kedua belah pihak,” harap Juniarta.

Dia mnilai produk ekonomi kreatif yang dihasilkan para perajin di Kota Denpasar saat ini telah menjadi produk global. Diharapakan produk ini dapat berkembang dalam balutan Orange Ekonomi Pemkot Denpasar. Disamping program interpreneurship yang berkembang melalui pemanfaatan bonus demografi Denpasar.

“Melalui kerja sama ini kita berharap Denpasar bisa lebih maju dalam pengembangan ekonomi kreatif sekaligus menjadi kota Heritage dan global,” kata dia.

Sementara Wali Kota Denpasar, IB Rai Mantra menyambut baik langkah kerja sama ini yang nantinya diharapkan bisa memberikan efek positif bagi perkembangan ekonomi kedua belah pihak.

Dijelaskannya, sebelumnya Pemkot Denpasar telah menggalang kerja sama serupa dengan Pemerintah Kota negara lain, salah satu di antaranya Pemerintah Kota Mossel Bay.

BACA JUGA:  Empat Krama Subak Teges Ulu Meninggal Secara Beruntun, Warga Dibuat Cemas

” Langkah ini juga telah dilakukan Pemkot Denpasar dengan sejumlah universitas yang ada di Kota Denpasar,” demikian Wali Kota Rai Mantra. (tra)