Pilot Basarnas TNI AL ‘Support’ Penanggulangan Bencana di Bali

Pilot Basarnas dari TNI AL saat bertemu Kepala Pelaksana BPBD Bali I Made Rentin. (foto : ist)

Beritabalionline.com – Pilot Basarnas dari TNI AL bertemu Kepala Pelaksana BPBD Bali I Made Rentin. Dalam pertemuan terssebut pilot dan crew helikopter siap melakukan mobilisasi untuk membantu Bali bila terjadi bencana.

“Secara aturan memang sudah ada kerja sama antara TNI dengan Basarnas. Bahwa berbagai alat utama (Alut) termasuk helikopter milik TNI baik dari Angkatan Laut maupun lainnya untuk membantu Basarnas, BNPB, dan seluruh BPBD di Indonesia bila diperlukan,” kata salah satu pilot senior dari Angkatan Laut, Mayor Laut Wahyu Budiardi, Selasa (14/1/2020) di Kantor BPBD Bali, Denpasar.

“Sekarang ini kami memang sedang bertugas di Bali selama satu bulan penuh. Nanti personilnya di-rolling sekali sebulan. Tujuannya untuk membantu Bali dalam berbagai kegiatan penanggulangan kebencanaan,” jelasnya.

Menurut Mayor Laut Budiardi, pihaknya sudah bertemu dengan Kepala Pelaksana BPBD Bali Made Rentin. Dalam pertemuan tersebut selain dibahas berbagai kegiatan kebencanaan di Bali, juga disampaikan bahwa heli yang ada saat ini sudah saatnya dilakukan service atau maintanence secara rutin.

Namun demikian bila terjadi kebencanaan, maka mereka siap dikerahkan baik untuk melakukan pemantauan udara maupun untuk evakuasi di tempat-tempat yang sulit melalui jalur darat maupun jalur laut.

“Pemantauan dari helikopter itu lebih akurat, penilaiannya itu riil, nyata ketimbang penilaian yang dilakukan melalui monitor atau layar kaca. Apa yang dilihat itulah fakta yang sebenarnya. Spotnya lebih akurat dan ini harus cepat karena korban bencana misalnya harus diberikan atensi yang penuh,” ujarnya.

Ia juga menilai bahwa Bali ini sangat membutuhkan Heli untuk melakukan pemantauan udara.

BACA JUGA:  Rai Mantra dan Jaya Negara Berkomitmen Bangun Kota Denpasar Secara Holistik

Sementara Kepala Pusat Pengendali Operasi (Pudalops) dan Penanggulangan Bencana (PB) Provinsi Bali I Nyoman Perrus Surianta memberikan apresiasi kepada para crew Heli dari Angkatan Laut di Bali yang mensupport Bali terutama dalam penanggulangan bencana.

Menurut Petrus, sesuai pengalaman selama ini, crew heli amat sangat membantu dalam penanganan bencana serta bisa dikerahkan sewaktu-waktu bila dibutuhkan.

“Pengerahan Heli di Bali dalam urusan bencana sangat penting demi citra Bali di mata Indonesia dan dan dunia. Bali ini destinasi dunia. Bila terjadi bencana maka turis membutuhkan kepastian penanganan sehingga mereka merasa aman dan nyaman di Bali,” tegasnya. (agw)