PAD Nomor Dua di Bali, Legislator Apresiasi Kinerja DPKAD Gianyar

Putu Gde Pebriantara

Beritabalionline.com – Jajaran dewan khususnya Komisi III DPRD Gianyar mengapresiasi inovasi yang dilakukan Dinas Pendapatan, Keuangan dan Aset, Daerah (DPKAD) Gianyar, sehingga PAD Gianyar meningkat tajam, bahkan menjadi yang kedua di Bali.

PAD yang meningkat juga berdampak terhadap pembangunan di Gianyar bisa dilaksanakan lebih cepat. “Ini tidak terlepas dari kebijakan Bupati Gianyar sebagai top leader di eksekutif. Dengan setahun kepemimpinannya, PAD bisa nomor dua di Bali setelah Kabupaten Badung. Sebelumnya pendapatan Gianyar selalu nomor tiga setelah Badung dan Denpasar,” kata Ketua Komisi III DPRD Gianyar, Putu Gede Pebriantara, Senin  (13/1/2020).

Langkah DPKAD melakukan inovasi sampai menagih pajak langsung kepada pengusaha penunggak pajak, adalah terobosan baru dan berani. “Ini terobosan baru dan berani, kami Komisi III sangat mengapresiasi,” jelas Pebriantara, seraya menambahkan, PAD Gianyar diyakini masih bisa ditingkatkan lagi lantaran masih ada kantong-kantong yang berpotensi untuk bisa digali.

Pebriantara juga menilai kinerja sejumlah OPD sudah meningkat dan menunjukkan kinerja yang baik. Hal ini dilihatnya saat beberapa kali turun melihat langsung kinerja sejumlah OPD di Pemkab Gianyar. ”Laporan keuangan transparansi dan bisa dilihat di web, berapa pemasukan atau PAD Gianyar,” terangnya. Disisi lain, yang membanggakannya adalah, target atau realisasi pajak di Tahun 2019 hampir mencapai 100%.

Hanya menurutnya, ada beberapa obyek pajak yang tercecer dan perlu dikejar lagi, seperti pajak rumah kos, villa dan ABT . “Tentu kami di Komisi III siap membahas aturannya berupa Perda, bila pemungutan pajak terkendala aturan,” tegas Pebriantara.

Dikatakan, DPKAD sebagai dapurnya Pemkab Gianyar, harus selalu didukung dan memberikan kepercayaan untuk melakukan langkah-langkah inovasi. Sampai saat ini obyek pajak di Gianyar Tahun 2019 mencapai 4.000 obyek pajak dari berbagai usaha, seperti hotel, restoran, hiburan dan obyek pajak lainnya.(yaw)

BACA JUGA:  Klungkung Akan Bangun Tempat Konservasi Penangkaran Penyu