Hujan Disertai Angin Kencang, BMKG Imbau Masyarakat Waspadai Pohon Tumbang

Pohon berukuran besar tumbang akibat angin kencang di wilayah Mengwi, Badung. (foto : ist)

Beritabalionline.com – Potensi hujan masih akan berlangsung di wilayah Bali hingga tiga hari kedepan. Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah III Denpasar menyebut hujan berlangsung, 12-14 Januari 2020.

“Cuaca secara umum berawan. Potensi hujan ringan hingga sedang berlangsung secara tidak merata terjadi di Bali Barat, Tengah, Timur dan Selatan,” kata Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah III, M. Taufik Gunawan, Minggu (12/1/2020) di Denpasar.

Gunawan menerangkan, sebagian besar wilayah Bali telah memasuki periode musim hujan. MJO berada di wilayah Maritim Continen yang berkontribusi terhadap proses pembentukan awan-awan hujan di Indonesia.

“Suhu muka laut di sekitar wilayah Bali berkisar antara 29 – 31°C. Kondisi air laut yang cukup hangat memberikan kontribusi penguapan yang cukup untuk pembentukan awan-awan hujan,” jelasnya.

Selain itu, aktifnya pola tekanan rendah di Belahan Bumi Selatan (BBS) terdapat siklon tropis “Claudia” di perairan Barat Laut Australia. Kondisi ini memberikan dampak terhadap peningkatan kecepatan angin terutama di wilayah Bali bagian selatan.

Angin umumnya bertiup dari arah Barat Daya – Barat dengan kecepatan berkisar antara 9-40 kilometer perjam.

Perlu diwaspadai hujan lebat disertai kilat/petir di sebagian besar wilayah Bali selama periode musim hujan. Potensi angin kencang terutama di Bali bagian selatan dan timur,” paparnya.

BMKG mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak bencana seperti angin kencang secara tiba-tiba, pohon tumbang, genangan air, banjir dan tanah longsor. (agw)

BACA JUGA:  Lakukan Balap Liar, 10 ABG Diamankan ke Kantor Polisi