Kabupaten Garut, Jawa Barat Diguncang Gempa

Bupati Garut Rudy Gunawan. (foto : istimewa)

Beritabalionline.com – Wilayah selatan Kabupaten Garut, yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia, Senin (6/01/2020) pukul 06.12 WIB diguncang gempa dengan kekuatan magnitudo 5,1. Gempa berpusat di 120 kilometer barat daya Garut di kedalaman 10 kilometer dengan titik koordinat 8,15 lintang selatan dan 107,34 bujur timur.

Bupati Garut Rudy Gunawan menuturkan, gempa sangat dirasakan oleh warga yang ada di pesisir pantai selatan Garut. Karena, pusat gempa memang berada di pantai selatan Garut. Meski demikian, menurut Rudy pemerintah daerah belum menerima adanya kerusakan akibat gempa tersebut.

“Belum ada laporan (kerusakan) sampai saat ini akibat gempa tadi,” jelasnya saat ditemui usai memimpin apel pagi di lapangan Sekretariat Daerah, Senin (6/01/2020). Rudy menegaskan, pemerintah daerah telah memiliki Standa Operasional Prosedur (SOP) untuk penanggulangan bencana, termasuk gempa bumi, termasuk di wilayah Selatan Garut yang memang cukup jauh dari pusat pemerintahan kabupaten.

“Kalaupun ada kerusakan akibat bencana alam yang sangat besar, kita sudah siap siaga,”  tegasnya.

Dihubungi terpisah, Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Garut, Tubagus Agus sofyan mengaku belum menerima laporan adanya kerusakan akibat gempa yang masuk ke BPBD.

“Kita masih terus pantau laporan dari daerah, sampai saat ini memang belum ada laporan (kerusakan) yang masuk,” katanya.

Tubagus menuturkan, laporan yang masuk ke BPBD hanya menyatakan merasakan gempa yang cukup terasa selama beberapa detik. Namun, kerusakan tidak ada. (itn)

BACA JUGA:  105.000 APD akan Segera Didistribusikan ke Tenaga Medis