Berkat ‘Bali Local Seed Bank’, Tiga Mahasiswa Unud Raih Medali Emas di Taiwan

Tiga Mahasiswa Unud raih medali emas di Taiwan (foto : Istimewa)

Beritabalionline.com – Tiga mahasiswa Universitas Udayana, bernama I Putu Yudhi Arta Wijayakusuma, Mazroatul Khusni dan Claudia Angel Marpaung, meraih medali emas di Taiwan karena menunjukkan inovasi bernama ‘Bali Local Seeds Bank’.

“Jadi sebenarnya ide ini muncul dari adanya penggunaan benih Genetically Modified Organism dan Hybrid semakin banyak, lalu petani sekarang beralih dari benih lokal ke benih-benih GMO dan hybrid,” ujar salah satu mahasiswa Unud yang memperkenalkan inovasi tersebut, I Putu Yudhi Arta Wijayakusuma yang dikonfirmasi awak media, di Denpasar, Minggu (5/1/2020)

Ia mengatakan, budaya yang beralih menggunakan GMO ini menyebabkan benih-benih lokal di Bali menghilang. Untuk itu, pihaknya bersama dua mahasiswa lainnya bekerja sama membuat inovasi “Bali Local Seeds Bank: Eco-friendly and Conservation Innovation for Saving Local Seeds”.

Melalui penelitian ini, Yudhi kemudian membukukan medali emas dan penghargaan dari Ministry of Science Technology and Research Republik Sosialis Demokratik Sri Lanka, dalam ajang perlombaan Kaohsiung International Invention & Design EXPO pada 6 sampai 8 Desember 2019.

Perlombaan yang diadakan di Taiwan itu diikuti 500 peserta dari 26 negara dengan berbagai kategori yang dilombakan, mulai dari agriculture, teknologi hingga kesehatan. (itn)

BACA JUGA:  Mayat Pria Paruh Baya Membusuk Gegerkan Penghuni Kos di Monang-Maning