Angin Kencang Tumbangkan Belasan Pohon di Denpasar dan Gianyar, Bali

Hujan deras dan angin kencang mengakibatkan sejumlah pohon tumbang. (foto : ist)

Beritabalionline.com – Angin kencang yang melanda beberapa wilayah di Bali mulai dari pagi hingga sore, mengakibatkan sejumlah pohon di pinggir jalan tumbang, pada Sabtu (4/1/2020). Seperti yang terjadi di wilayah Kota Denpasar dan Gianyar, belasan pohon tumbang akibat terjangan angin.

Data yang dihimpun dari BPBD Provinsi Bali, di Denpasar, pada Minggu (5/1/2020) menyebutkan ada sembilan kejadian pohon tumbang. Rinciannya, yakni di Jalan Tukad Badung XIII, Jalan Pulau Moyo, Jalan Drupadi, Jalan Antasura, Jalan By Pass Ngurah Rai dekat SMP 9 Denpasar, Jalan Pulau Biak, Jalan Gunung Sari Gang 5 Sanur, Banjar Ponjok Desa Serangan, dan Jalan Tukad Badung XXX. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu.

Sementara di Kabupaten Gianyar, pohon tumbang dilaporkan menimpa kabel PLN dan menghalangi badan Jalan By Pass Darma Giri, Blahbatuh dan di Jalan Cucukan, Gianyar. Kemudian, pohon tumbang juga menimpa bangunan rumah milik Ni Nyoman Warni di Banjar Lebah, Desa Keramas, Blahbatuh, Kabupaten Gianyar.

Data BMKG Wilayah III Denpasar mencatat angin kencang dimulai pukul 12.30 WITA, dengan kecepatan angin 22 knot atau 40 km/jam hingga 30 knot atau 56 km/jam. BMKG masih menganalisis sebab angin kencang ini.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Denpasar Ida Bagus Joni Ariwibawa menerangkan pohon tumbang menimpa seorang wisatawan di Pantai Matahari Terbit, Sanur, Denpasar Selatan.

Wisatawan yang bernama Nur Moh. Ali Nur Rohman (20) sempat tidak sadarkan diri dan menjalani perawatan medis di puskesmas. “Korban menderita nyeri pada pinggang,” ungkap Joni.

Bertalian dengan fenomena alam tersebut, Joni mengimbau masyarakat agar waspada saat beraktivitas di luar rumah. Ia juga mengingatkan para wisatawan yang melakukan aktivitas ‘water sport’ dan wisata bahari di pinggir pantai selatan Bali, karena gelombang diperkirakan bisa mencapai tinggi 2 meter. (tra)

BACA JUGA:  Gede Dana Serap Aspirasi Warga Terdampak Covid-19