Warga yang Bermukim di Daerah Rawan Longsor Disarankan Mengungsi

Basarnas Bali. (foto : istimewa)

Beritabalionline.com – Kepala Kantor Basarnas Bali, Hari Adi Purnomo mengimbau warga yang tinggal di daerah rawan longsor, lebih baik mengungsi sementara jika tingkat curah hujan semakin tinggi.

“Kadang kala banyak korban yang terjebak banjir karena enggan mengungsi ketika debit air bertambah tinggi, menurut saya utamakan keselamatan dari pada mempertahankan harta benda,” kata Hari Adi ketika memberikan keterangan pers di Kantor Basarnas Bali, Jimbaran, Kabupaten Badung, Bali, Jumat (3/1/2020).

Memasuki musim penghujan, Basarnas melakukan pemeriksaan kembali fungsi peralatan-peralatan terkait seperti rubber boat beserta motor tempel dan jaket pelampung. Di samping itu, pihaknya koordinasi dengan berbagai unsur SAR.

Dia menerangkan, di awal tahun 2020 sebagian besar wilayah Indonesia mulai memasuki musim penghujan. Tak terkecuali di Bali.

“Terlepas dari musim hujan, Kantor Basarnas Bali selalu siap baik itu kekuatan personel ataupun kesediaan alat utama dan peralatan SAR,” imbuhnya.

Selama musim penghujan, selain musibah banjir, juga memungkinkan terjadinya longsor di dataran-dataran tinggi. Pada masing-masing pos SAR sudah dikondisikan peralatan-peralatan SAR yang bisa langsung dipergunakan. (itn)

BACA JUGA:  Perkenalkan Produk Kerajinan Lokal, Ketua Dekranasda Bali Luncurkan Program ‘IKM/ UMKM Goes To Mall’