Tahun 2020, Gianyar Beri Beasiswa SMA untuk Siswa Kurang Mampu

Bupati Gianyar, Made Mahayastra (pegang mic) didampingi sejumlah jajarannya saat bertemu awak media, belum lama ini.(foto: yesi)

Beritabalionline.com – Pemkab Gianyar mulai tahun 2020 menganggarkan beasiswa siswa kurang mampu untuk Sekolah Menengah Atas (SMA). Memang untuk SMA menjadi tanggung jawab provinsi, namun Pemkab Gianyar tetap memberikan perhatian kepada siswa SMA di Kabupaten Gianyar.

Hal itu ditegaskan Bupati Gianyar, Made Mahayastra, saat dikonfrimasi, Kamis (2/1/2020). Beasiswa untuk SMA ini dianggarakan melalui Dispora sebesar Rp 1 Milyar. “Kita anggarkan R 1 Milyar. Perorang jika sampai tamat menghabiskan Rp 50 juta. Ada 20 siswa miskin dan berprestasi mendapat beasiswa dari Pemkab di tahun 2020,” ujarnya.

Sementara sistem seleksi akan dilakukan perkecamatan, sehingga setiap kecamatan akan ada perwakilan. Sasarannya keluarga miskin, yang akan diseleksi tim perifikasi “Tinggal mencari bapak asuh untuk mereka, nanti mau kuliah di jogja, Bandung dan lainnya,” ujarnya.

Selain meberikan beasiswa, Pemkab Gianyar uga telah melakukan penandatangan kerjasama dengan PT Sampoerna yang akan memberikan beasiswa, tidak hanya di SMA namun sampai kuliah. ”Bahkan, tidak hanya kuliah di perguruan tinggi dalam negeri, tetapi kuliah keluar negeri. Akan ditanggung sepenuhnya selama 4 tahun,” pungkas Mahayastra.(yes)

BACA JUGA:  Hari Ini, Kasus Positif Covid-19 di Bali Bertambah 311 Orang, Sembuh 117, Meninggal 9