13 Hari Hilang di Hutan Belantara Kalimantan, WN Australia Ditemukan Selamat

Foto ilustrasi.

Beritabalionline.com – WN Australia Camkin Stephen Honard (60), bersama pemandu Muhammad Mohdar (35), ditemukan dalam kondisi selamat, Kamis (2/1/2020). Sebelumnya, keduanya dilaporkan hilang sejak Jumat (20/12/2019) lalu, di hutan belantara di Krayan Selatan, Nunukan, Kalimantan Utara.

Hilangnya kedua orang itu, terungkap akhir Desember 2019 lalu, saat pemerintah kecamatan Krayan Selatan, mengabarkan kepada tetua adat masyarakat setempat, pencarian dimulai 24 Desember 2019, setelah dipastikan hilang 4 hari sebelumnya.

Kerja keras pencarian bersama masyarakat berbuah hasil. Keduanya akhirnya ditemukan dalam kondisi selamat. Kini, keduanya berada dalam masa pemulihan.

“Iya benar kejadian itu. Saya koordinasi ke Dir Intelkam, hari ini siang tadi, sudah ditemukan kondisi selamat,” kata Kabid Humas Polda Kalimantan Utara AKBP Berliando, yang dikonfirmasi merdeka.com, Kamis (2/1/2020) petang.

Berliando menerangkan, WN Australia itu diketahui sedang melakukan penelitian di hutan. Namun demikian disayangkan, dia tidak melalui prosedur sebagaimana mestinya.

“Dia itu pencinta alam. Dia masuk ke hutan, informasi diperoleh tanpa melapor. Dia memang jalan sama pemandunya itu,” ungkap Berliando.

Tim gabungan, lanjut Berliando, memang akhirnya melakukan pencarian, melalui penelusuran ke dalam hutan, di Desa Long Layu, Krayan Selatan.

“Iya, sekali lagi, WN Australia dan pemandu atau tour guide-ya, sudah ditemukan, siang ini tadi dalam kondisi selamat,” pungkas Berliando. (itn)

BACA JUGA:  Jokowi akan Prioritaskan 5 Hal pada Periode Kedua Kepemimpinannya