Sampah Sisa Malam Tahun Baru di Pantai Kuta Capai 8 Ton, Denpasar 1.400 Ton

Petugas membersihkan sisa sampah malam tahun baru di Pantai Kuta. (foto : ist)

Beritabalionline.com – Koordinator Unit Reaksi Cepat (URC) DLHK Badung, Gede Dwipayana mengatakan pihaknya telah membersihkan sampah sisa-saya perayaan tahun baru di sepanjang Pantai Seminyak-Legian-Kuta.

Total sampah sisa tahun baru di tiga lokasi tersebut sebanyak 4 truk. Menurutnya, setiap truk kurang lebih mengangkut dua ton sampah. Artinya ada 8 ton sampah sisa perayaan tahun baru di tiga pantai tersebut.

“Kami sudah bersihkan sampahnya. Ada kurang lebih 4 truk sampah yang terangkut,” katanya yang dikonfirmasi wartawan, Rabu (1/1/2020).

Dwipayana menyebut, sampah-sampah tersebut terdiri dari kertas-kertas sisa pembakaran kembang api. Kemudian sisanya adalah bungkusan-bungkusan makanan yang dibawa oleh pengunjung.

Sebagaiaman diketahui, tiga kawasan pantai tersebut nenjadi salah satu tempat yang ramai dikunjingi saat malam pergantian tahun baru.

Sementara itu, sebanyak 1.400 ton sampah dihasilkan dari seluruh kota Denpasar pada hari perayaan malam tahun baru, Rabu (1/1/2020). Jumlah tersebut meningkat 30 persen dari hari-hari biasanya yang mencapai 900 ton tiap harinya.

Kabid Persampahan dan Limbah B3 DLHK Kota Denpasar, I Ketut Adi Wiguna mengatakan, meningkatnya volume sampah ini identik terjadi di daerah tertentu. Semisal Pantai, Lapangan dan Venue Event yang biasanya menjadi masyarakat menikmati pesta kembang api.

“Peningkatan volume sampah terjadi pada malam pergantian tahun, dan itu pun terjadi di tempat tertentu saja,” kata Adi Wiguna.

Untuk memaksimalkan penanganan sampah tersebut sebagai upaya menciptakan Kota Denpasar yang bersih dan asri, DLHK Kota Denpasar menyiagakan 40 Unit Armada dengan 600 Personil termasuk tenaga kebersihan pada malam pergantian Tahun 2020. (itn)

BACA JUGA:  Cegah Masyarakat Mudik Lebaran, Polresta Denpasar Lakukan Penyekatan Kendaraan