Jokowi: Utamakan Keselamatan Warga Dalam Menangani Banjir

Presiden Joko Widodo.

Beritabalionline.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) angkat bicara terkait banjir yang melanda sejumlah wilayah khususnya Jabodetabek hari ini. Jokowi meminta keselamatan warga di nomor satukan terkait penanganan banjir ini.

“Yang pertama urusan banjir, yang paling penting adalah yang berkaitan dengan keselamatan warga di nomor satukan. Jadi BNPB, Pemerintah Provinsi, SAR, semuanya harus bergerak bersama-sama, untuk memberikan rasa aman, memberikan keselamatan pada warga yang terkena bencana banjir,” kata Jokowi usai bertemu dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto di Istana Yogyakarta, Rabu (1/1/2020).

Dia pun meminta agar terus dilakukan normalisasi khususnya di fasilitas umum terkait penanganan banjir tersebut. Karena sudah ada yang membuat fasilitas umum tak berfungsi dengan baik.

“Yang kedua, yang berkaitan dengan normalisasi untuk fasilitas-fasilitas umum. Karena ini sudah masuk di Jakarta udah masuk di Halim, beberapa sudah masuk di Tol Cikampek dan beberapa obyek vital. Ini harus segera dinormalisasi, sehingga fungsi-fungsi itu kembali normal,” ungkap Jokowi.

Dia pun meminta agar pemerintah pusat dan provinsi terus berkerja sama dalam menanggulangi banjir tersebut. Menurutnya, memang ada pekerjaan seperti Waduk Cimahi dan Cimahi yang baru tahun depan selesai.

“Di luar itu, semua harus dikerjakan. Saya sudah perintahkan Menteri PU cek lapangan,” tegas Jokowi.

Dia pun mengimbau warga juga berhati-hati. “Hati-hati (kepada masyarakat),” pungkasnya. (itn)

BACA JUGA:  Tingkat Kesembuhan Covid-19 di Indonesia Menjadi 77,3%