Ribuan Kendaraan Padati Bali, Kapolda: Setahun Sekali Tak Masalah

Kapolda Bali Irjen Pol. Petrus Reinhard Golose. (foto : Agung Widodo/Beritabalionline.com)

Beritabalionline.com – Ribuan wisatawan domestik diperkirakan memadati obyek-obyek wisata di Pulau Bali saat malam pergantian tahun. Ini terlihat dari padatnya arus lalu lintas di ruas-ruas jalan di wilayah Kota Denpasar dan Kabupaten Badung.

“Sampai sekarang sudah ada sekitar 35 kendaraan dari luar Bali, terbesar masuk melalui Pelabuhan Gilimanuk,” ungkap Kapolda Bali Irjen Pol. Petrus Reinhard Golose saat jumpa pers Kapolda dalam Rangka Anev Kamtibmas Akhir Tahun 2019 di Gedung Perkasa Raga Garwita (PRG) Mapolda Bali, Senin (30/12/2019).

Menurut Kapolda hal itu sangat wajar dikarenakan Bali sebagai destinasi pariwisata internasional banyak diminati wisatawan baik wisatawan asing maupun domestik.

“Ini kan berlangsung setahun sekali, artinya, pariwisata kita tetap hidup dan membawa kesejahteraan bagi masyarakat Bali. Saya kira tidak apa-apa kalau terjadi sedikit kemacetan. Tapi yang pasti kami sudah siapkan rekayasa lalu lintas,” ucapnya.

Sementara itu, Rumah Sakit Bhayangkara Denpasar melakukan pemeriksaan kesehatan gratis terhadap sopir bus, pemudik dan petugas jaga dalam rangka Angkutan Natal dan Tahun Baru 2020 di Terminal Ubung Denpasar.

“Pengemudi bus memilliki peranan penting dalam keamanan, kenyamanan serta keselamatan seluruh penumpang. Oleh karena itu kami dari tim Kesehatan Lapangan (Keslap) Rumah Sakit Bhayangkara Denpasar meminta kepada para pengemudi untuk memeriksakan kesehatan sebelum mengemudi,” kata Ketua Tim Keslap Rumah Sakit Bhayangkara Denpasar, IPDA I Wayan Sudiarta.

Ia juga menjelaskan, hal tersebut dilakukan sebagai langkah promotif dan preventif demi keselamatan para pengemudi dan penumpang bus serta petugas jaga posko pengamanan Natal dan Tahun Baru.

Pemeriksaan kesehatan ini meliputi pemeriksaan kesehatan secara umum, pengukuran tekanan darah dan pemberian Vitamin serta obat- obatan sesuai dengan keluhan.

BACA JUGA:  Kematian Pemulung Asal Jember dengan Luka di Kepala Diduga karena Jatuh

“Dari sepuluh orang yang mendapat pelayanan kesehatan, setelah diperiksa dokter mereka ada yang mengalami tekanan darah tinggi, batuk dan pilek,” jelas Wayan Sudiarta. (agw)