Pesan Tembakau Gorila Lewat Sosial Media, Pelaku Raup Untung 50 Persen

Tersangka menunjukkan tembakau gorila miliknya. (foto : Agung Widodo/Beritabalionline.com)

Beritabalionline.com – Sat Resnarkoba Polresta Denpasar bersama Satgas CTOC Polda Bali menangkap pengedar narkoba bernama M. Viki Alhamzah (21). Dari tangan tersangka diamankan barang bukti tembakau gorila seberat 1 kilogram.

“Tersangka mengaku memperoleh tembakau gorila dengan cara memesan di sosial media. Barang tersebut dibeli seharga Rp25 juta, dengan sistem pembayaran ditransfer dan barang dikirim melalui ekspedisi,” kata Kapolresta Denpasar Kombes Pol. Ruddi Setiawan saat ekspose kasus akhir tahun di Mapolresta Denpasar, Minggu (29/12/2019).

Dari hasil pemeriksaan terungkap jika sebelumnya tersangka juga pernah memesan tembakau gorila seberat 500 gram melalui media sosial, dan barang dikirim melalui kantor jasa pengiriman barang.

“Yang pertama bulan November 2019 tersangka membeli 500 gram tembakau gorila seharga Rp11 juta,” terang Kapolresta.

Kepada polisi, tersangka yang tidak memiliki pekerjaan tetap ini mengaku, tembakau gorila kemudian dipecah-pecah menjadi paket kecil dengan harga Rp200 ribu hingga Rp250 ribu perpaket.

“Dia menawarkan melalui sosial media. Kalau ada pembeli, barang tersebut kemudian ditempel di suatu lokasi sesuai pesanan,” jelas Kasat Resnarkoba AKP Mikael Hutabarat saat mendampingi Kapolresta.

Keuntungan yang diperoleh tersangka dari penjualan barang tersebut cukup besar. Dari 500 gram tembakau gorila yang dibelinya seharga Rp11 juta, ia memperoleh keuntungan 50 persen atau Rp11 juta.

Pengungkapan kasus berawal dari informasi masyarakat bahwa akan ada pengiriman ganja gorila dari luar Bali. Berbekal ciri-ciri pelaku, Tim Satresnarkoba Polresta Denpasar lalu melakukan penyelidikan.

Pemuda pengangguran tersebut akhirnya dapat ditangkap usai mengambil paket di kantor jasa pengiriman barang di Jalan Danau Poso, Denpasar Selatan, Kamis (12/12/2019) sekitar pukul 15.00 WITA.

BACA JUGA:  GANNAS Bali Kecam Penyelundupan Narkoba ke Dalam Lapas Perempuan

Saat dilakukan penggeledahan, polisi menemukan kardus yang dibungkus plastik hitam. Ketika dibuka, di dalam kardus terdapat 6 plastik klip berisi tembakau gorilla.

Guna pengembangan, pelaku kemudian dibawa ke tempat kosnya di Jalan Resimuka Barat, Denpasar Barat. Dari kamar tersangka, kembali ditemukan 5 plastik klip berisi tembakau gorila. (agw)