Anggota DPR RI Parta Pantau Objek Wisata Ceking, Terima Banyak Keluhan Pengunjung

Nyoman Parta saat memberikan pengarahan saat turun lansung di Objek Wisata Ceking Teras, Tegallalang.(foto: ist)

Beritabalionline.com – Anggota DPR RI Nyoman Parta asal Gianyar turun langsung melihat kondisi objek wisata  Ceking terkini, terkait adanya banyak keluhan dari para pengunjung.

“Kondisi objek wisata Ceking banyak menuai keluhan pengunjung dan juga masyatakat umum yang melintas lantaran terjebak macet serta parkir kendaraan yang sembarangan,” kata Nyoman Parta baru-baru ini.

Dihadiri prajuru adat dan dinas, karang taruna, kelompok darwis serta pegiat lingkungan, Parta pun menyerap keluh kesah yang disampaikan pewakilan masyarakat terkait kondisi objek wisata Ceking, akan dibawa kemana mengingat semakin hari tidak terkontrol.

Mulai dari pembangunannya di Kawasan objek yang tidak tertata, hingga kendaraan yang parkir sembarangan. Termasuk pula kebersihannya. Demkian juga banyaknya ada pungutan, bahkan wisatawan sampai harus membayar pungutan donasi di 4 titik.

Parta mengaku sangat mengapresisasi, karena dalam pertemuan itu semua stakeholde sepakat melakukan penataan. Ini menunjukan kesadaran bersama demi eksistensi objek wisata setempat.

”Mereka sangat menyadari kalau semua jalan sendiri sendiri, Ceking akan tinggal kenangan. Jadinya intinya, perlu penataan keseluruhan mulai dari bangunan dan view, penataan tatakelola dan kerjasama dengan pemilik lahan serta pemilik view. Termasuk pengenaan tiket satu pintu,” ujarnya.

Ditegaskannya, komitmen ini baru tahap awal. Yang terpenting ada kesepakatan untuk ditata. Dan bagaimana bentuk penataannya, kata Parta, tentu harus duduk bersama melibatkan Pemkab Gianyar, pedagang, desa adat, pemilik lahan di barat dan pemilik lahan di areal view. ”Ke depannya, memang tempat tempat destinasi wisata harus disiapkan perencanaan keseluruhan. Dari A sampe Z dan pemerintah harus hadir dari awal,” pungkasnya. (yes)

BACA JUGA:  Dewan Dorong Penyusunan Raperda Penataan Desa