Bupati Mas Sumatri Buka Pesta Siaga dan Jambore 2019 Ranting Kwaran Sidemen

Bupati Mas Sumatri (tengah) didampingi Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Bali Made Renin (kanan) saat membuka Pesta Siaga dan Jambore 2019 ranting kwaran Sidemen di lLapangan Mamed, Kecamatan Sidemen.(foto: ist)

Beritabalionline.com – Bupati Karangasem, IGA Mas Sumatri membuka Pesta Siaga dan Jambore 2019 ranting kwaran Sidemen di lLapangan Mamed, Kecamatan Sidemen, Selasa (24/12/2019). Kegiatan hingga Kamis (26/12/2019) yang mengusung tema “Disiplin Berani dan Setia” ini ditandai dengan penancapan kapak.

Sebanyak 820 orang peserta kegiatan tersebut, dimana 480 orang sebagai peserta siaga, penggalang sebanyak 224 orang, pembina 74 orang dan panitia 42 orang. Yang menarik, sumber pembiayaan dalam pelaksanaan pesta siaga dan jambore Kwartir ranting Sidemen berasal dari penjualan kupon bazar dengan keuntungan sebesar Rp 4,9 juta.

Hadir juga saat acara pembukaan yakni Staf Ahli Bidang Ekonomi Pemkab Karangasem, Kadis Pendidikan Kabupaten Karangasem, Kasat Pol PP, Ketua Gerakan Pramuka Bali, Made Rentin, Kwartir Cabang Karangasem, Camat Sidemen, Kapolsek Danramil selaku majelis pembimbing gerakan Pramuka kwartir ranting Sidemen serta para peserta pesta siaga dan Jambore 2019 ranting keluaran Sidemen.

Bupati Mas Sumatri selaku Kamabicab Karangasem mengatakan, pesta siaga dan jambore bertujuan menjalin persaudaraan Pramuka, melatih mental, jiwa dan rohani serta menanamkan semangat kebangsaan dan kesadaran berbangsa dan bernegara. “Apalagi adik-adik masih berstatus siaga dan penggalang, tentunya kegiatan seperti ini perlu untuk dipahami sedari dini,” ucapnya.

Mas Sumatri berharap Pramuka dapat berkontribusi bagi bangsa melalui kegiatan kepramukaan di antaranya melalui ajang pesta siaga dan jambore untuk menumbuhkan rasa kebersamaan dan kemandirian membangun manusia yang memiliki karakter serta membangun generasi muda memiliki jiwa patriot.

Pihaknya juga mengajak seluruh anggota pramuka bekerjasama mendukung pemerintah Kabupaten Karangasem dalam memberantas isu-isu yang tidak bertanggung jawab sehingga dapat mewujudkan Karangasem yang cerdas bersih dan bermartabat berlandaskan Tri Hita Karana.

BACA JUGA:  Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra Dilantik sebagai Kapolda Bali, Ini Pesan Kapolri

”Semoga melalui kegiatan ini, para peserta Pramuka lebih proaktif terutama dalam menyikapi hal-hal negatif yang dapat merusak moral generasi bangsa seperti penyalahgunaan narkoba, pergaulan bebas, tindakan kriminal dan lain sebagainya,” harap Mas Sumatri.

Sementara ketua panitia, I Ketut Sugiarta mengatakan acara ini bertujuan untuk mengajak anak-anak berpartisipasi aktif dalam berpramuka. Selain itu, untuk memberikan wawasan tentang kegiatan pramuka yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. ia menegaskan, sudah menjadi tanggung jawab gerakan Pramuka untuk senantiasa mempersiapkan berbagai kegiatan edukatif yang menarik dan kreatif.(huk)