Antisipasi Penumpukan Kendaraan Selama Denfest, Dishub Denpasar Lakukan Rekayasa Lalu Lintas

Denfest 2018.

Beritabalionline.com – Pelaksanaan Denpasar Festival (Denfest) Tahun 2019 tinggal menghitung hari. Festival tahunan yang dihelat Pemkot Denpasar ini akan dibuka secara resmi pada Kamis (28/12/2019. Guna mengatasi permasalahan parkir dan mengurai kemacetan saat kegiatan berlangsung, Dinas Perhubungan Kota Denpasar akan melakukan rekayasa lalu lintas.

Selain itu, Dishub Kota Denpasar juga menyediakan kantong parkir selama Denfest berlangsung, yaitu mulai tanggal 28-31 Desember mendatang.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Denpasar, I Ketut Sriawan saat dikonfirmasi Senin (23/12/2019) menjelaskan, dalam pelaksanan Denfest tahun 2019 terdapat tiga ruas jalan yang akan ditutup, yaitu Jalan Udayana (ditutup total). Adapun kendaraan dari Jalan Diponogoro (Simpang Suci) akan dialihkan ke barat menuju Jalan Hasanudin – Jalan Thamrin – Jalan Gajah Mada – Jalan Kartini dan Jalan Nakula.

Sedangkan kendaraan yang hendak menuju Jalan Hayam Wuruk akan diarahkan menuju Jalan Sutoyo – Jalan Sudirman dan Jalan Cok Agung Tresna. Jalan Gajah Mada juga ditutup mulai dari simpang Jalan Kartini dan Jalan Sulawesi. Dimana kendaraan yang melintas menuju Jalan Hayam Wuruk akan dialihkan melewati Jalan Kartini – Jalan Nakula, Jalan Veteran – Jalan Patimura. Sedangkan kendaraan yang akan menuju Renon dialihkan ke Jalan Sulawesi – Jalan Ternate/Jalan Kalimantan – Jalan Sumatera – Jalan Hasanudin dan Jalan Sutoyo. Selain itu penutupan juga dilaksanakan di ujung selatan Jalan Veteran.

“Hal ini untuk meminimalisir jumlah kendaraan yang menuju ke timur sampai di simpang Jalan Arjuna-Jalan Sumatra,” terang Sriawan.

Lebih lanjut dikatakan, untuk arah selatan, pihaknya akan melakukan sistem buka tutup untuk kendaraan yang akan melintas di Jalan Sudirman menuju Jalan Surapati. Hanya saja, itu diberlakukan saat pembukaan dan penutupan saja.

BACA JUGA:  Gubernur Koster Dorong Inovasi Baru di Bidang Transportasi Laut

“Kalaupun nantinya terjadi kemacetan di simpang Jalan Sugianyar-Jalan Beliton, maka kendaraan yang berasal dari arah Jalan Hasanudin akan dialihkan menuju Jalan Sutoyo dan yang dari arah Jalan Sugianyar akan dialihkan menuju Jalan Letda Made Putra,” ujarnya.

Sementara, untuk Jalan Kapten Regug juga turut ditutup selama gelaran Denfest ke-12. Dimana kawasan jalan ini akan digunakan untuk parkir kendaraan roda 2. Sedangkan kendaraan menuju Jalan Gajah Mada akan diarahkan menuju Jalan Sudirman. Dan Parkir Roda 4 pengunjung Denfest diarahkan di kawasan Pasar Badung.

Selain itu, Dishub Denpasar juga menyediakan kantong parkir lainya yang berada di sekitar lokasi Denfest. Yakni parkir undangan VIP berlokasi di Halaman Kodam IX Udayana, sedangkan untuk para pengunjung tersebar di masing-masing arah, seperti di Sentral Parkir Pasar Lokita Sari, Parkir Pasar Badung, Jalan Sugianyar, Jalan Udayana, Jalan Durian, Jalan Surapati, Jalan Krisna, Jalan Gajah Mada, Jalan Mayor Wisnu, Jalan Letda Regug, Jalan Kapten Sujana dan Jalan Kaliasem yang menggunakan satu sisi pinggir jalan. (tra)