Lima Terduga Pelaku Penyerangan Anggota Brimob di Yakuhimo, Papua Ditangkap

Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpaw.

Beritabalionline.com – Polisi menangkap lima orang yang diduga terlibat kerusuhan di Dekai, Yahukimo, Papua yang mengakibatkan satu anggota Brimob, Brigpol Saut Sibarani tewas. Kelima orang itu diamankan di Mapolres Yakuhimo.

“Memang benar saat ini sudah lima orang yang ditangkap dan ditahan serta diperiksa penyidik untuk mengungkap sejauh mana keterlibatan mereka,” ujar Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw dilansir Antara, Sabtu (21/12/2019).

Data awal, kelimanya ditangkap karena diduga sebagai pemicu hingga terjadi insiden tersebut. Menurutnya, Polda Papua sudah mengirim tim untuk membantu pemulihan di wilayah itu. Tim tersebut dipimpin Wadir Lantas AKBP Ade Jahya.

Selain itu, pihaknya juga mengirim penyidik untuk membantu Reskrim Polres Yahukimo dalam menangani kasus yang terjadi di wilayahnya.

Paulus memastikan situasi di Yakuhimo relatif kondusif pascakerusuhan. Tidak ada penambahan aparat keamanan. Dia menilai personel yang disiagakan sudah mencukupi.

Mantan Kapolda Sumut itu berharap agar masyarakat tidak mudah terprovokasi untuk melakukan aksi kekerasan.

“Masyarakat diminta tidak mudah terprovokasi dan tidak melakukan tindakan anarkis,” kata Kapolda Papua Irjen Waterpauw. (itn)

BACA JUGA:  68 WNA dan WNI dari China Jalani Karantina Rumah di Sumut