Penyandang Disabilitas di Denpasar Kini Miliki Tempat Representatif untuk Berkreativitas

Ny. IA Selly Mantra padaa cara softlaunching Rumah Bisabilitas disaksikan Wali Kota IB Rai Mantra dan Sekda AAN Rai Iswara.

Beritabalionline.com – Penyandang Disabilitas di Kota Denpasar kini memiliki tempat yang representatif untuk mengembangkan kreativitas. Rumah Bisabilitas ini secara resmi di-soft launching Ketua Koordinator Kegiatan Kesejahteraan Sosial (K3S) Kota Denpasar, Ny. I.A Selly Dharmawijaya Mantra, didampingi Ketua Dharmawanita Persatuan Denpasar, Ny. Kerti Rai Iswara, di Denpasar, Jumat (20/12/2019).

Acara softlaunching tersebut disaksikan Wali Kota Denpasar I.B Rai Dharmawijaya Mantra dan Sekda Kota Denpasar A.AN Rai Iswara. Rumah Bisabilitas berada satu lokasi dengan gedung Rumah Pintar di Jalan Kamboja, Denpasar yang menyediakan fasilitas perpustakaan mini, kuliner, barbershop, hingga life music.

Selly Mantra mengatakan bahwa Rumah Bisabilitas dibangun untuk memfasilitasi kreativitas Disabilitas. Disabilitas jangan dipandang sebelah mata, meski dalam keterbatasan namun para disabilitas mampu berkreativitas seperti layaknya orang normal.

Menurut dia, ruang kreativitas dibutuhkan para disabilitas untuk menunjukkan bakat, talenta dan keterampilan serta sebagai tempat bersosialisasi bersama dalam satu Rumah Bisabilitas. Dalam Rumah Bisabilitas para Disabilitas dapat melakukan kegiatan pelatihan-pelatihan dengan fasilitas di antaranya pelatihan melukis, desainer, bermain musik, hingga pelatihan bahasa isyarat bagi penyandang disabilitas tuli.

Selly Mantra menjelaskan, K3S bersama Pemkot Denpasar memiliki kewajiban dalam merangkul para disabilitas untuk bisa berkreativitas dalam sebuah wadah atau tempat yang layak, nyaman dan ramah bagi mereka dalam mencurahkan kreativitasnya.

“Rumah Bisabilitas ini adalah dari, untuk dan oleh mereka dalam meningkatkan keterampilan, hingga ajang pertemuan bagi masyarakat umum, sekaligus masyarakat bisa hadir semabari menikmati kuliner hingga mengikuti berbagai pelatihan. Program kedepan kami telah merancang kegiatan dan program bersama disabilitas yang meliputi pelatihan peningkatan kreativitas,” ujar Selly.

BACA JUGA:  Petugas Gunakan APD Evakuasi Jenazah Buruh Proyek Asal Tegal, Jateng

Sementara Kadis Sosial Denpasar, Made Mertajaya mengatakan Rumah Bisabilitas memfasilitasi kreativitas untuk para disabilitas, mulai dari tuna netra, tuna daksa dan disabilitas tuli. (tra)