Kapolda: Volume Kendaraan ke Bali Diprediksi Naik saat Libur Nataru

Kapolda Bali bersama Pangdam IX/Udayana saat memimpin apel gelar pasukan. (foto : ist)

Beritabalionline.com – Seperti tahun-tahun sebelumnya ribuan wisatawan baik mancanegara maupun domestik dipastikan menikmati libur Natal dan Tahun Baru di Bali. Pihak kepolisian memprediksi akan terjadi kepadatan arus kendaraan.

“Prediksi kami akan sedikit naik volume kendaraan di Bali, karena biasanya menjelang Natal dan Tahun Baru banyak kendaraan yang berasal dari daerah lain masuk ke Bali. Juga banyak kendaraan di Bali terutama kendaraan rental akan keluar, sehingga akan terjadi sedikit kepadatan,” kata Kapolda Bali Irjen Petrus Reinhard Golose, usai Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Tahun 2019 dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru di Lapangan Puputan Badung I Gusti Ngurah Made Agung, Denpasar, Kamis (19/12/2019).

Kendati demikian lanjut Kapolda, pihaknya sudah mengambil langkah-langkah di antaranya mengoperasionalkan command centre untuk memantau arus lalu lintas sehingga cepat melakukan penanganan.

“Dari command centre kita bisa melihat dan melakukan pemetaan kemacetan di Bali, nantinya personel di lapangan akan dengan cepat mengurai kemacetan lalu lintas,” jelasnya.

Tidak hanya itu, Polda Bali juga akan lebih banyak menerjunkan polisi wanita (Polwan) di lapangan terutama di jalur-jalur rawan kemacetan selama libur Nataru.

“Mungkin dengan penempatan polisi wanita, meski ada macet di jalan para pengendara tidak banyak komplain dibandingkan melihat polisi laki-laki. Ini bagian dari pendekatan humanis dari Polri,” terang Kapolda.

Operasi Lilin Tahun 2019 merupakan operasi kepolisian terpusat yang akan diselenggarakan selama 10 hari mulai 23 Desember 2019 sampai dengan 1 Januari 2020.

Fokus pengamanan yakni di obyek-objek vital diantaranya gereja, tempat wisata, pusat perbelanjaan, objek perayaan tahun baru, terminal, pelabuhan, stasiun kereta api dan bandara.

BACA JUGA:  Mayat Wanita Tanpa Identitas Ditemukan Mengapung di Pantai Jembrana

“Dalam pelaksanaannya, operasi ini akan melibatkan sebanyak 191.807 personel gabungan pengamanan berasal dari Polri, TNI dan Instansi terkait lainnya,” ungkap Kapolri dalam amanatnya yang dibacakan oleh Kapolda Bali. (agw)