Hadapi Nataru, Basarnas Bali Siagakan 107 Personel

Kepala Kantor Basarnas Bali, Hari Adi Purnomo saat pengecekan kesiapan personel. (foto : ist)

Beritabalionline.com – Basarnas Bali menyiagakan 107 personel jelang perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru). Mereka disiagakan sejak 18 Desember 2019 sampai dengan 8 Januari 2020.

“Sebanyak 107 orang personel tersebut siaga dan tersebar di masing-masing wilayah seluruh Bali,” kata Kepala Kantor Basarnas Bali, Hari Adi Purnomo saat pengecekan kesiapan personel dan alat utama (Alut) dalam rangka Siaga SAR khusus Natal dan Tahun Baru 2020, Rabu (18/12/2019) di Kantor Basarnas Bali, Jimbaran, Badung.

Basarnas Bali menerjunkan alat utama berupa Heli BO 105, kendaraan SAR darat, KN SAR Arjuna 229, Rigit Inflatable Boat (RIB), jet ski dan rubber boat.

Dikatakan Adi Purnomo, siaga SAR Khusus ini dilakukan di beberapa titik di antaranya Posko Terpadu Bandara I Gusti Ngurah Rai, Pelabuhan Benoa, Pelabuhan Gilimanuk, Pelabuhan Celukan Bawang, Pelabuhan Toya Pakeh Nusa Penida, Pelabuhan Padangbai Karangasem dan juga terminal Mengwi.

“Selain menempatkan personel di Posko Terpadu, juga ada beberapa personel bertugas di daerah-daerah wisata yang diprediksi ramai pengunjung,” jelasnya.

Ditambahkan, pelaksanaan siaga SAR khusus ini sebenarnya tidak ada bedanya dengan siaga SAR rutin yang setiap hari dilaksanakan, karena Basarnas memang wajib selalu siap atas kejadian-kejadian yang tidak bisa diprediksi.

“Hanya saja ada lebih yang harus ditekanakan karena banyak berdatangan wisatawan berlibur ke Bali. Keseluruhannya telah terkoordinir dan terencana, sehingga diharapkan kesiapansiagaan bisa berjalan optimal,” terangnya. (agw)

BACA JUGA:  Jelang Nataru, Pengamanan di Pelabuhan Padangbai Diperketat