Bupati Badung Ingatkan Pemuda Agar Jauhi Kegiatan Negatif

Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta (tengah) saat menghadiri puncak perayaan HUT ke-33 Sekaa Teruna Bima Sakti, Desa Baturiti, Kabupaten Tabanan.(foto: ist)

Beritabalionline.com – Bupati Badung, Bali, I Nyoman Giri Prasta mengimbau para generasi muda yang tergabung dalam Sekeha Teruna atau kelompok pemuda untuk menjauhi berbagai kegiatan negatif yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain.

Saya berpesan kepada anggota Sekeha Teruna agar tidak melakukan kegiatan negatif seperti perilaku seks bebas, minum minuman keras, mencoba dan menggunakan narkotika, ujar Giri Prasta, saat menghadiri perayaan HUT ke-33 Sekeha Teruna Bima Sakti, Desa Baturiti, Kabupaten Tabanan, Senin (17/12/2019).

Sebagai generasi penerus bangsa dan tulang punggung negara, menurutnya para pemuda yang tergabung dalam Sekeha Teruna harus meningkatkan kreativitas dalam pelestarian seni, adat dan budaya.

Sehingga nantinya akan dapat lahir generasi muda dengan kualitas sumber daya manusia yang unggul yang dapat memajukan mengisi pembangunan di segala bidang, tambahnya.

Sekeha Teruna Bima Sakti merupakan kelompok pemuda yang terdiri dari empat banjar adat di kawasan Baturiti yaitu, Banjar Adat Klod, Tengah, Kaja dan Banjar Adat Pekarangan dengan jumlah anggota sekitar 500 orang.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Giri Prasta mengaku ia merasa bangga karena pemuda yang berasal dari empat banjar di Baturiti itu sudah menunjukkan jati diri dengan dapat bersatu.

Rasa persatuan ini kami harap agar dapat tetap dijaga, karena dengan bersatu setengah perjuangan sudah berhasil, kalau tidak bersatu setengah perjuangan sudah gagal, ujar Bupati Giri Prasta.

Sementara itu, hal senada dikatakan Wabup Badung, I Ketut Suiasa, saat menghadiri HUT ke-42 Sekeha Teruna Giri Wana Yasa, Banjar Dinas Auman dan Banjar Dinas Bukit Munduk Tiying, di Kecamatan Petang, Badung.

Menurutnya, Sekeha Teruna merupakan wadah untuk belajar berorganisasi, karena masa muda adalah masa untuk menuntut ilmu.

BACA JUGA:  Satu Lagi Pasien Covid-19 di Bali Meninggal Dunia (Total 52 Orang), Sembuh 3.881, Positif 4.446

Pada masa muda, hendaknya para anggota Sekeha Teruna belajar tentang bermasyarakat, bersatu dan bergotong royong agar nantinya dapat mengabdikan diri di masyarakat, ungkapnya.

Ia menambahkan, Sekeha Teruna di Kabupaten Badung dinilai sudah melaksanakan kegiatannya dengan memunculkan kreativitas yang berbasis seni dan budaya yang merupakan bagian dari upaya menjaga kualitas kearifan lokal yaitu budaya Bali.

Kami akan terus memotivasi generasi muda untuk bersama-sama bersinergi dalam melakukan kegiatan-kegiatan berbasis budaya dan berdasarkan konsep Tri Hita Karana, ujar Wabup Suiasa.(riz)