Simpan Kokain dan Ganja, WN Amerika Dituntut 14 Tahun Penjara

Ian Andrew Hernandez di PN Denpasar. (foto : SAR)

Beritabalionline.com – Seorang warga negara (WN) kelahiran California, Amerika Serikat, Ian Andrew Hernandez (31) yang kedapatan menyimpan kokain seberat 6,60 gram dan ganja seberat 23,73 gram dituntut hukuman 14 tahun penjara dalam sidang di Pengadilan Negeri (PN) Denpasar, Senin (16/12/2019).

Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kadek Wahyudi Ardika dalam amar tuntutannya yang dibacakan di muka sidang menyatakan terdakwa tinggal sementara di Jalan Pengubengan, Kerobokan itu terbukti melakukan tindak pidana sebagaimana dimaksud dalam Pasal 112 ayat (2) UU narkotika.

“Terdakwa terbukti tanpa hak melawan hukum memiliki, menyimpan, menguasai, atau menyediakan narkotika golongan I dalam bentuk bukan tanaman yang beratanya melebihi 5 gram. Memohon kepada majelis hakim untuk menghukum terdakwa dengan pidana penjara selama 14 tahun,” sebut jaksa Kejari Denpasar itu dalam amar tuntutannya.

Selain itu, jaksa juga memohon kepada majelis hakim untuk menjatuhkan pidana denda Rp1 miliar. “Apabila denda tidak dibayar diganti dengan hukuman kurungan selama 3 bulan,” demikian tuntutan jaksa yang dibacakan dihadapan terdakwa dan majelis hakim PN Denpasar pimpina Angeliki Handajani Day.

Atas tuntutan itu, terdakwa yang didampingi pengacara Mase Suardika Adnyana menyatakan akan mengajukan pembelaan secara tertulis pada sidang pekan depan. ”Kami mengajukan pembelaan secara tertulis yang mulia,” ujar Mase Suardaika.

Dalam surat tuntutan JPU juga membeberkan sejumlah fakta yang terungkap selama persidangan. Diantaranya terkait penangkapan terdakwa. Disebutkan, terdakwa ditangkap polisi pada tanggal 23 Mei 2019 sekira pukul 20.00 WITA di depan Gapet Garden Jalan Raya Kedampang, Pengubengan, Kuta Utara, Kerobokan.

Disebukan pula, penangkapan terdakwa ini berawal dari adanya laporan masyarakat yang menyebut bahwa ada warga negara asing (WNA) yang biasa dipanggil Ian mengedarkan narkotika di seputaran Jalan Pengubengan, Kura Utara, Kerobokan, Badung.

BACA JUGA:  Teller Bank Cantik Tewas Dibunuh, Warga Mengaku Dengar Suara Motor Keluar dari Rumah Korban

Atas laporan itu, tim dari Polresta Denpasar langsung melakukan penyelidikan dan berhasil menangkap terdakwa saat berada di depan Gapet Garden. Ketika ditangkap, petugas langsung melakukan penggeledahan pada terdakwa.

“Saat penggeledahan petugas menemukan sebuah HP yang diduga digunakan terdakwa untuk transaksi narkoba, “ ungkap jaksa.

Selanjutnya petugas melakukan penggeledahan ditempat tinggal sementara terdakwa. Dari tempat tinggal terdakwa polisi berhasil mengamankan 10 paket kokain dan 1 penat ganja. Setelah dilakukan penimbangan terdakwa barang bukti tersebut beratnya adalah 6,66 gram kokain dan 23,73 gram ganja. (sar)