Gubernur Koster Dijadualkan Buka Konferprov PWI Bali 2019 yang Dihadiri Ketum PWI

Ketua Panitia Konferprov PWI Bali 2019, Dewa Suta Sastradhinata.

Beritabalionline.com – Gubernur Bali I Wayan Koster dijadualkan membuka secara resmi Konferensi Provinsi (Konferprov) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Bali Tahun 2019 yang akan digelar pada 19 Desember mendatang di Gedung PWI Bali, Kompleks Niti Praja Lumintang, Denpasar.

Ketua Konferprov PWI Bali 2019, Dewa Suta Sastradhinata dalam keterangan pers di Denpasar, Senin (16/12/2019), mengatakan, selain dihadiri undangan dari pejabat instansi pemerintah terkait, TNI dan Polri, Konferprov juga akan dihadiri Ketua Umum PWI Pusat, Atal S Depari, serta para wartawan media cetak, elektronik dan media online yang notabena adalah anggota PWI Bali.

Menurut Sastradhinata yang juga Wakil Ketua Bidang Organisasi PWI Bali, ada dua topik utama yang menjadi agenda dalam Konferprov PWI Bali kali ini, yaitu penyampaian Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) pengurus periode 2014-2019, dan perebutan kursi Ketua PWI Bali periode 2019-2024.

Dijelaskannya, dalam Konferprov kali ini ada sebanyak 123 wartawan dari sekitar 350 wartawan anggota PWI Bali yang akan menyalurkan hak suaranya. “Mereka yang memiliki hak suara adalah wartawan pemegang kartu PWI Bali yang masih aktif, baik jenjang muda, madya maupun utama. Sementara pemegang kartu PWI yang sudah mati (habis masa berlakunya) tidak punya hak memilih maupun dipilih. Ini sesuai aturan yang ditetapkan dalam PDPRT  (Peraturan Dasar dan Peraturan Rumah Tangga) PWI,” katanya.

Ditambahkan oleh wartawan yang sudah terdaftar sebagai anggota PWI Bali sejak 1992 ini, pihaknya berharap pelaksanaan Konferprov PWI Bali 2019 dapat berjalan lancar dan aman. “Kita harapkan pelaksanaan Konferprov berjalan sesuai mekanisme yang mengacu pada PDPRT dan dilandasi oleh semangat kebersamaan sebagai sesama insan pers serta menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi,” harapnya.

BACA JUGA:  Demo Mahasiswa Papua di Denpasar Nyaris Bentrok dengan Ormas Pekat

Sebelumnya pengurus PWI Bali yang dipimpin ketuanya IGMB Dwikora Putra telah melakukan audiensi dengan Gubernur Bali Wayan Koster. Orang nomor satu di Bali ini menyatakan sangat mengapresiasi kegiatan Konferprov yang digelar PWI Bali. Selain itu menurutnya, pers memiliki peran penting dalam proses pembangunan.

“Selama lebih setahun menjabat sebagai gubernur, saya merasakan betul betapa penting dan strategisnya peran pers dalam mendukung pembangunan yang dilaksanakan Pemprov Bali,” demikian Koster yang juga Ketua DPD PDI Bali, seraya menilai hubungan PWI dan Pemprov Bali selama ini telah terjalin cukup baik dan kondisi ini perlu dipertahankan terus, bahkan lebih ditingkatkan lagi dimasa yang akan datang. (ist)