Hari Nusantara, Artha Dipa Tebar Dua Ribu Benih Ikan Nila

Wabub Artha Dipa tebar ikan nila di Taman Sukasada Ujung.(foto: ist)

Beritabalionline.com – Peringatan Hari Nusantara yang dipadukan dengan Gerakan Semesta Berencana Bali Resik Sampah Plastik diisi dengan aksi sosial penebaran ribuan benih ikan Nila di areal Kolam Taman Sukasada Ujung, Karangasem Jumat (13/12/2019).

Setidaknya, ada sekitar dua ribu ekor bibit ikan Nila dilepaskan dalam kegiatan restocking memperingati Hari Nusantara tahun 2019 tersebut.

Seperti yang dijelaskan oleh Sekdis Perikanan Kabupaten Karangasem, I Gusti Bagus Putra Sudewa yang juga selaku Ketua Panitia menyebutkan, kegiatan ini adalah agenda rutin yang dilaksanakan Dinas Perikanan Kabupaten Karangasem dalam memperingati hari Nusantara.

“Penebaran benih ikan ini bertujuan untuk meningkatkan potensi ikan air tawar yang ada diwilayah Kabupaten Karangasem, serta bekerja sama dengan masyarakat untuk mengembangkan perikanan budidaya air tawar agar nantinya mampu memberi nilai lebih bagi masyarakat dan dapat memberikan kontribusi bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Karangasem,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Karangasem, I Wayan Artha Dipa yang hadir dalam kesemapatan tersebut memaparkan, dengan aktivitas perikanan tangkap yang sangat tinggi, Kabupaten Karangasem memiliki garis pantai sepanjang 87 kilometer yang melalui empat kecamatan, Kecamatan Manggis, Kecamatan Karangasem, Kecamatan Abang, dan Kecamatan Kubu.

Produksi perikanan Kabupaten Karangasem pada tahun 2018 sebesar 26.794,96 ton dengan nilai sebesar Rp 609.329.070.500 dengan konsumsi ikan Kabupaten Karangasem perkapita sebesar 33,41 Kg/kapita/tahun.

Peningkatan potensi Perikanan Budidaya yang bersinergi dengan pelestarian ekosistem di Bidang Perikanan, memberi dampak atau pengaruh berlangsungnya perkembangan Perikanan yang suistainable. Lingkungan Budidaya baik dan seimbang ini sudah saatnya terpelihara dengan sebaiknya demi berlangsungnya hidup organisme yang ada.

Dirinya berharap para anggota kelompok perikanan budidaya yang ada di Kabupaten Karangasem mampu meningkatkan potensi perikanan budidaya secara maksimal dan mampu meningkatkan dan bersaing dengan kelompok yang ada, mengingat potensi perikanan budidaya masih sangat luas untuk bisa dikembangkan.

BACA JUGA:  Bali Raih Klasifikasi Informatif KIP 2020, Sekda Apresiasi Diskominfos

“Produksi masyarakat dan yang meningkat akan mampu memenuhi konsumsi masyarakat dan memenuhi pasar yang saat ini memang sangat dibutuhkan masyarakat,” ujarnya. (huk)